Karena Jin Pun Punya Agama

Karena Jin Pun Punya Agama - Kajian Medina
KARENA JIN PUN PUNYA AGAMA

Jin itu macam-macam agamanya. Seperti manusia, mereka juga lengket pada simbol agamanya masing-masing dan cenderung mengajak orang padanya. Ini wajar sebab jin dalam hal ini sama dengan manusia: Sama-sama punya pilihan dan sama-sama ada juru dakwahnya. Juga sama-sama ada yang suka iseng godain, nipu dan ngerjain. Nanti di akhirat juga sama-sama ada yang masuk surga dan ada yang di neraka.

Jin muslim yang shalih kerjasama dengan orang muslim yang shalih pula. Mereka membangunkan orang shalih kalau waktu shalat, ngingetin ke masjid dan sebagainya. Nabi mencontohkan yang tergolong jin shalih ini adalah jin yang mendampingi beliau. Beliau bercerita:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا وَقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِينُهُ مِنْ الْجِنِّ قَالُوا وَإِيَّاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَإِيَّايَ إِلَّا أَنَّ اللَّهَ أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلَا يَأْمُرُنِي إِلَّا بِخَيْرٍ
"Tidaklah seorang pun dari kalian melainkan dikuasai pendamping dari kalangan jin." Mereka bertanya: Tuan juga, wahai Rasulullah? beliau menjawab: "Aku juga, hanya saja Allah membantuku mengalahkannya lalu ia masuk Islam, ia hanya MEMERINTAHKAN KEBAIKAN padaku." (HR. Muslim)

Adapun jin non-muslim ya sama juga kerjasama dengan non-muslim dan juga terlibat dalam dakwah non-muslim. Hal ini disinggung dalam ayat berikut:

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِنَ الْإِنْسِ ۖ وَقَالَ أَوْلِيَاؤُهُمْ مِنَ الْإِنْسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَبَلَغْنَا أَجَلَنَا الَّذِي أَجَّلْتَ لَنَا
"Dan (ingatlah) pada hari ketika Dia mengumpulkan mereka semua (dan Allah berfirman), “Wahai golongan jin! Kamu telah BANYAK (MENYESATKAN ) MANUSIA.” Dan kawan-kawan mereka dari golongan manusia berkata, “Ya Tuhan, kami telah SALING MENDAPATKAN KESENANGAN (saling memanfaatkan) dan sekarang waktu yang telah Engkau tentukan buat kami telah datang.” [Surat Al-An'am 128]

Intinya jin sama lah seperti manusia. Macam-macam sifatnya.

Jadi teringat kisah di pondok dulu yang konon pernah ada santri yang mau masuk ke kamarnya di malam hari yang gelap. Maklum saat itu belum ada PLN. Ternyata di pintunya ada seseorang yang berdiri menghalangi jalan dengan posisi membelakangi santri itu. Si santri bilang: "Kang pindah jangan di sini". Orang itu pun menoleh dan ternyata tak ada wajahnya. Hehee... Dengan ketakutan dan tubuh gemetar, si santri membaca ayat kursi untuk mengusir makhluk itu. Dapat separuh bacaan dia tertegun tak bisa melanjutkannya. Eh ternyata si Jin iseng itu malah melanjutkan bacaan ayat kursinya. Hahaha.. Kalau kisah ini benar, mungkin jin itu adalah jin santri senior di pondok itu yang sedang jahil pada yuniornya dari kalangan manusia.

Abdul Wahab Ahmad
18 Agustus pukul 14.55 ·

komentar :

Rijalul Wathon Al-Madury : Saya percaya dan meyakini 100% apa yg diulas dlm tulisan ini, sebab Pengalaman adalah Guru yang Terbaik.
Dan apa yg ada dikisah ini juga pernah dialami oleh teman saya dulu, sewaktu saya masih berada di kampung kelahiran sebelum pindah ke Madura.
Serta apa yg disampaikan dlm hadits Nabi SAW tersebut, benar adanya.

Najih Ibn Abdil Hameed : Di pondok aja ada jinnya, kenapa di salib tidak boleh wkwkwk

Abdul Wahab Ahmad : Najih Ibn Abdil Hameed hahaha... Sesama kawan jin seharusnya akur

Dimaz Winardy : Jin itu dibangkitkan juga ya bersama manusia di hari kiamat? Ntar penyiksaan jin sama manusia itu tempatnya sama gk ya mbah. 😁

Abdul Wahab Ahmad : Dimaz Winardy pasti dibangkitkan juga. Soal detail siksaan neraka, kita tunggu saja. Ntar juga tahu.

Denbagus Shufistick Artcraft : Apa hukumnya ngasih makan jin Sama seperti ngasih makan ayam??...karena jin dan ayam sama sama makhluk...gimana yii

Abdul Wahab Ahmad : Denbagus Shufistick Artcraft ngasih makan ayam jelas tujuannya. Tapi untuk apa ngasih makan jin?

Ida Widyastuti : Jin islam ya. Bukan jin kapir 😅

Abdul Wahab Ahmad : Ida Widyastuti ya

Ida Widyastuti : Abdul Wahab Ahmad konon jaman nabi Sulaiman, interaksi manusia dg jin hal yg biasa. Maka dikisahkan saat membangun istana beliau minta bantuan jin. Apa ini benar?

Abdul Wahab Ahmad : Ida Widyastuti benar, bu

Ida Widyastuti : Abdul Wahab Ahmad apa Kira2 sebabnya makin kesini tabir itu makin tertutup. Hanya org2 ttt sj yg bs lihat 😁

Abdul Wahab Ahmad : Ida Widyastuti sejak dulu juga hanya orang tertentu. Tak semua orang. Cuma orang dulu yang ahli beginian lebih banyak. Orang sekarang banyak yang tak percaya.

Muhammad Mahbub : Abdul Wahab Ahmad mau tannya kyai.. apakah sodoqoh kpd jin boleh? ngapunten sak derenge...

Abdul Wahab Ahmad : Muhammad Mahbub tergantung untuk apa dulu?

ذيد قام ذكره : Jin makanan tulang,, berarti jangan istinjak dgn tulang, krn itu makanan nya

Muhammad Mahbub : Abdul Wahab Ahmad semacam sy shodaqoh sama tetangga ngoten kyai..

Abdul Wahab Ahmad :
ذيد قام ذكره
Kalau cuma begitu tak masalah. Ada hadisnya malahan

Abdul Wahab Ahmad : Tapi kalau melibatkan ritual dan sesajen, itu masalah serius.

Muhammad Mahbub : Abdul Wahab Ahmad itu yg ada dibenak sy kyai... seandainya ritual atau suguhan kita niatkan shodaqoh .. . ? dos pundi?

Abdul Wahab Ahmad : Muhammad Mahbub tetap bermasalah. Sedekah itu ke manusia.

Muhammad Mahbub : Abdul Wahab Ahmad matursuwun kyai...

Rafael : Bagaimana dengan kisah Khalid bin Walid membunuh jin 'Uzza di kejadian Fathu Makkah, ustadz ?
Apakah sahih ?

Abdul Wahab Ahmad : Rafael yang mana, bib?

Rafael : Ini tadz...
.
ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﻋَﻠِﻲُّ ﺑْﻦُ ﺍﻟْﻤُﻨْﺬِﺭِ، ﻗَﺎﻝَ : ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺍﺑْﻦُ ﻓُﻀَﻴْﻞٍ، ﻗَﺎﻝَ : ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺍﻟْﻮَﻟِﻴﺪُ ﺑْﻦُ ﺟُﻤَﻴْﻊٍ، ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺍﻟﻄُّﻔَﻴْﻞِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻟَﻤَّﺎ ﻓَﺘْﺢَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻣَﻜَّﺔَ ﺑَﻌَﺚَ ﺧَﺎﻟِﺪَ ﺑْﻦَ ﺍﻟْﻮَﻟِﻴﺪِ ﺇِﻟَﻰ ﻧَﺨْﻠَﺔٍ، ﻭَﻛَﺎﻧَﺖْ ﺑِﻬَﺎ ﺍﻟْﻌُﺰَّﻯ، ﻓَﺄَﺗَﺎﻫَﺎ ﺧَﺎﻟِﺪٌ , ﻭَﻛَﺎﻧَﺖْ ﻋَﻠَﻰ ﺛَﻠَﺎﺙِ ﺳَﻤُﺮَﺍﺕٍ، ﻓَﻘَﻄَﻊَ ﺍﻟﺴَّﻤُﺮَﺍﺕِ، ﻭَﻫَﺪَﻡَ ﺍﻟْﺒَﻴْﺖَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ، ﺛُﻢَّ ﺃَﺗَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﺄَﺧْﺒَﺮَﻩُ، ﻓَﻘَﺎﻝَ : ‏« ﺍﺭْﺟِﻊْ ﻓَﺈِﻧَّﻚَ ﻟَﻢْ ﺗَﺼْﻨَﻊْ ﺷَﻴْﺌًﺎ ‏» , ﻓَﺮَﺟَﻊَ ﺧَﺎﻟِﺪٌ، ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺑَﺼُﺮَﺕْ ﺑِﻪِ ﺍﻟﺴَّﺪَﻧَﺔُ ﻭَﻫُﻢْ ﺣَﺠَﺒَﺘُﻬَﺎ، ﺃَﻣْﻌَﻨُﻮﺍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺠَﺒَﻞِ , ﻭَﻫُﻢْ ﻳَﻘُﻮﻟُﻮﻥَ : ﻳَﺎ ﻋُﺰَّﻯ ﻳَﺎ ﻋُﺰَّﻯ، ﻓَﺄَﺗَﺎﻫَﺎ ﺧَﺎﻟِﺪٌ , ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺍﻣْﺮَﺃَﺓٌ ﻋُﺮْﻳَﺎﻧَﺔٌ , ﻧَﺎﺷِﺮَﺓٌ ﺷَﻌْﺮَﻫَﺎ , ﺗَﺤْﺘَﻔِﻦُ ﺍﻟﺘُّﺮَﺍﺏَ ﻋَﻠَﻰ ﺭَﺃْﺳِﻬَﺎ، ﻓَﻌَﻤَّﻤَﻬَﺎ ﺑِﺎﻟﺴَّﻴْﻒِ ﺣَﺘَّﻰ ﻗَﺘَﻠَﻬَﺎ، ﺛُﻢَّ ﺭَﺟَﻊَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﺄَﺧْﺒَﺮَﻩُ , ﻓَﻘَﺎﻝَ : ‏« ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟْﻌُﺰَّﻯ »
[ ﺍﻟﻨﺴﺎﺋﻲ، ﺍﻟﺴﻨﻦ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ﻟﻠﻨﺴﺎﺋﻲ، ٢٧٩ / ١٠ ]

Abdul Wahab Ahmad : Setahu saya itu bukan jin, bib. Manusia biasa
وفيها هدم خالد بْن الوليد العزى ببطن نخلة،
لخمس ليال بقين من رمضان، وهو صنم لبني شيبان، بطن من سليم حلفاء بني هاشم، وبنو أسد بْن عبد العزى، يقولون: هذا صنمنا، فخرج إليه خالد، فَقَالَ: قد هدمته، قَالَ: أرأيت شيئا؟ قَالَ: لا، قَالَ: فارجع فاهدمه، فرجع خالد إلى الصنم فهدم بيته، وكسر الصنم، فجعل السادن يقول: أعزى اغضبي بعض غضباتك! فخرجت عليه امرأة حبشية عريانة مولولة، فقتلها وأخذ ما فيها من حلية، ثُمَّ اتى رسول الله ص، فأخبره بذلك، فَقَالَ:
تلك العزى، ولا تعبد العزى أبدا.
تاريخ الطبري

Rafael : Wanita Habasyah ya tadz?

Abdul Wahab Ahmad : Ya

Abdul Wahab Ahmad : Tapi pernah juga dulu baca versi jin. Hanya lupa di mana. Namun sepertinya manusia.

Ahmad Halimy : Jadi ingat buku dialog dengan jin muslim yang masyhur itu

مخلص بن درويس : Ahmad Halimy saya prnah punya fotokopinya, Yai. He

Abdul Wahab Ahmad : Hehehe.... Buku legendaris

Ava Nugraha : Lansung saja yuk gak usah muter2, jadi menurut anda apakah UAS itu melakukan penistaan atau tidak?

Abdul Wahab Ahmad : Ava Nugraha tidak, karena di internal kalangannya sendiri.

Ava Nugraha : Abdul Wahab Ahmad terima kasih pak

Abdul Halim : Lohh
Bukankah uas sudah tau itu akan tersebar luas??
Semisal seperti ini
Saya menceritakan kejelekan fatimah pada umar
Sedang saya tau bahwa fatimah akan mendengar cerita saya..
"SUDAH TAU BAHWA FATIMAH AKAN MENDENGAR CERITA SAYA"
meskipun saya tidak niat menjelek2kan fatimah
bukankah itu adalah menjelekkanya
#Begitu kata orang nusantara yai,,... Dan menjustifikasinya dengan surat al an'am 108

Abdul Wahab Ahmad : Itu hanya karena like and dislike.
Mau dakwah agama manapun kalau di internal mereka sendiri selalu menjelaskan agama lain menyimpang atau ajaran setan (evil).
Di youtube dan di forum-forum internal mereka bisa dilihat bagaimana kalau ngomentari islam. Ya wajar saja karena memang merasa yakin islam salah. Di internal islam juga sama.
Saya ragu yang seperti ini akan masuk delik.
Yang di qur’an itu larangan mengolok sesembahan orang kafir ke orang kafirnya sendiri. Kalau di internal kita sendiri ada banyak ayat al-Qur’an yang mengolok mereka.

Abdul Halim : Harapan kami jangn sampai kita terpancing dengn ulah² oknum yg sk membnturkan antar sesama muslim... lagipun itu video sudah 3 tahun yg lalu,, knapa d viralkan baru skarang

Abdul Wahab Ahmad : Sip, biar lebih sip lagi penggunaan "kata orang Nusantara" juga dihindari agar tak terpancing dengan orang yang membenturkan antar sesama penghuni nusantara

Abdul Halim : Nggih maturnuwn yai. karna yg sy dapatkn ikon namany bgitu yai.

Muhammad Yakub : Jadi Yai bagaimana hukumnya kerjasama dengan Jin dalam2 hal2, contohnya bangun rumah, nyari benda2 terpendam dalam bumi dll?

Subchi Munawar : Nyimak

Abdul Wahab Ahmad : Secara detail harus lihat kasusnya. Perlu diketahui apa dalam kerjasama itu ada yang melanggar syariat atau tidak? Kalau tak ada yang dilanggar maka tak masalah.

Hamash Al Azmy : Ada video "interogasi jin" yg nyusup k manusia. Jin itu jg membid'ah-bid'ahkan amalan maulid, tahlilan, dsb. Ternyata jin ada yg gitu juga, nggeh?
Pastinya, ada yg aswaja juga, kalo begitu... 😂

Abdul Wahab Ahmad : Hamash Al Azmy ada yang pejuang khilafah juga. Bahkan di salah satu kitab akidah ada yang "aswaja" merasuk ke orang non-aswaja karena jengkel. Hehee

Fathul Huda Sufnawan : Ayatul kursi, itu worked atau berpengaruh gak ustad untuk jin muslim tapi suka ganggu atau dzalim kepada manusia, atau hanya worked kepada syaithan dan jin2 fasiq saja.

Juwansyah : Fathul Huda Sufnawan oh iy ini jg mewakili pertanyaan saya… hee

Abdul Wahab Ahmad : Di qur’an disebutkan bahwa jin juga ikut mendengarkan ayat al-Qur’an dikala turunnya. Ayat kursi juga bagian al-Qur’an. Jadi harusnya hanya work untuk yang masuk kategori setan saja sehingga tidak kontradiktif.

Fathul Huda Sufnawan : Abdul Wahab Ahmad 🙏☕siap suwun ustadz

Adif Sahab : Jin komunis dan jin liberal ada gak yai? 😄

Abdul Wahab Ahmad : Adif Sahab bisa jadi

Sholah Muhammad : Dalam khazanah jawa ada istilah "Jun" atau dalam al quran di sebut "jan" ( arrahman ayat 56).. Bedanya apa dgn jin yi?

Abdul Wahab Ahmad : Sholah Muhammad beda pendapat tentang jan itu. Ada yang bilang jan itu iblis. Ada yang bilang kata jan adalah bentuk single dari jin.
الْجَانُّ إِبْلِيسُ وَهُوَ أَبُو الْجِنِّ. وَقِيلَ: الْجَانُّ وَاحِدُ الْجِنِّ

Sholah Muhammad : Abdul Wahab Ahmad makasi yai

Haryoko : Apa Jin pendamping manusia itu qorin pak yai??

Abdul Wahab Ahmad : Haryoko Nasukha ya

Haryoko : Abdul Wahab Ahmad suwun yai

Fauzan Inzaghi : Kata syeikh said foudah. Kadang jin bs terpengaruh sama penjelasan manusia klo mmg penjelasannya masuk ke logika jin. Jangan heran jika ada jin yang wahabi hahaha

Abdul Wahab Ahmad : Fauzan Inzaghi betul.

Najih Ibn Abdil Hameed : Penjelasannya dia dapat dari nguping kuliah kyai Abdul Wahab Ahmad ataukah dari baca status beliau? Wkwkwk
Dia gak punya gadget tapi ngintipin kite saat kite maen fb

Fauzan Inzaghi : Najih Ibn Abdil Hameed dasar jin, ikut2an aje diyeee haha

Abdul Wahab Ahmad : Setidaknya jin pandai menjaga rahasia kita. Hahaha

Setyawan Surya Arif Rusman : Assalamualaikum pak kyai apakah minta bantuan jin itu bisa kufur/kafir wassalamualaikum?

Abdul Wahab Ahmad : wa'alaikum salam. tergantung bagaimana teknisnya

Setyawan Surya Arif Rusman : Misalnya seperti kuda limping itu bagaimana pak kyai,jinya disuruh merasuki tubuh?

Abdul Wahab Ahmad : Gak boleh. Tapi tak kafir

Setyawan Surya Arif Rusman : berarti hanya haram,tapi tak sampai derajat kufur/syirik.

Dian Tri Hardianto : Apakah jin juga ada ulamanya yai ?

Abdul Wahab Ahmad : Dian Tri Hardianto harusnya demikian. Di surat al-jinn diceritakan jinn yang tahu risalah sebelumnya lalu beriman pada risalah Nabi Muhammad dan mengajak jin lain. Ini kan ulama kalau di kita


baca juga beberapa tulisan tentang Jin dan Syetan dalam literatur Islam :

Karena Jin Pun Punya Agama
Memusuhi Setan, Mengawini Hantu-Hantu
Lelaki Yang Menikah Dengan Peri
Kisah Rumah Angker, Jin Ular dan Keberkahan Al-Quran
Setoran Al-Quran Jin Mukmin 1 Juz 1 Week
Bagaimana Setan Menyerang Hati Manusia?
Tamu Tak Diundang Di Butta Salewang
Qorin, Sang Jin Pendamping

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.