Kami Dipersatukan oleh Tali Islam dan Iman

Kami Dipersatukan oleh Tali Islam dan Iman - Kajian Medina
Abdullah Al Jirani membagikan kiriman.
17 jam ·

Sungguh kehormatan bagi saya diziarahi oleh da'i dan ulama muda NU, KH. Ma'ruf Khozin-hafidzahullah-. Walau pertemuannya singkat, tapi sarat dengan makna. Kami sempat berbincang, berdiskusi, sharing, dan saling memberikan faidah yang bermanfaat. Kami mungkin memiliki perbedaan dalam sebagian masalah-masalah furu', tapi hal itu tidak menghalangi kami untuk bersaudara karena Allah. Karena kami dipersatukan oleh tali Islam dan Iman.


Harus saya akui, beliau seorang yang begitu baik, sopan, lembut, dan sangat memuliakan orang lain. Sangat enak diajak diskusi. Tidak ada kata-kata kasar, tidak ada caci maki, dan tidak ada sifat ta'ashub (fanatik buta). Malam itu, saya banyak mengambil manfaat dari beliau. Semoga Allah memperbanyak para dai semisal beliau.

Saya teringat sebuah ucapan yang berbunyi : "Sangat merugi seorang yang tidak bisa mencari sahabat. Lebih merugi lagi seorang yang menyia-nyiakan sahabat yang telah dia miliki". Perbedaan organisasi, lembaga, partai, komunitas, dan kelompok jangan sampai menjadi sebab untuk bermusuhan. Selama kita masih di atas rel yang sama, yaitu Islam dan Iman. Mari kita saling bersinergi, saling bekerja sama, saling menasihati, saling meluruskan, dan saling menyempurnakan dengan dilandasi kecintaan dan dibalut dengan keluhuran akhlak. Alhamdulillah rabbil 'alamin....


Ma'ruf Khozin
20 jam

Orang yang berilmu lalu berakhlak, adalah orang yang saya muliakan. Kenapa? Karena ia telah berhasil melawan ego sendiri, nafsu, amarah, dendam, benci dan sifat-sifat hati yang tercela lainnya. Kali ini sifat itu saya temukan dalam diri Ust Abdullah Al Jirani, padahal Manhaj beliau adalah Salafi, murid Syekh Muqbil (رحمه الله تعالى) dari Dammaj Yaman. Bagi saya beliau berbeda dengan ustadz Salafi yang lain.

Saya tidak dapat menyembunyikan keinginan saya untuk mengenal dengan beliau, karena saya ingin belajar inshaf (adil), sebagaimana saya memuliakan para guru saya. Alhamdulillah semalam saya berjumpa dengan beliau di Solo, tepatnya di depan Taman Pelangi Jurug. Berikut tulisan beliau tentang Madzhab Syafi'i: Madzhab Syafi'i Di Indonesia


Kami Dipersatukan oleh Tali Islam dan Iman - Kajian Medina

Kami Dipersatukan oleh Tali Islam dan Iman - Kajian Medina

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.