Dalam “Shahih Al-Bukhari” dari Rifa’ah bin Rafi’ –radhiallahu ‘anhu- beliau berkata :
كنا يومًا نصلي وراء النبي صلى الله عليه وآله وسلم فلما رفع رأسه من الركعة قال: «سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ»، قَالَ رَجُلٌ وَرَاءَهُ: رَبَّنَا وَلَكَ الحَمْدُ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ، فَلَمَّا انْصَرَفَ، قَالَ: «مَنِ المُتَكَلِّمُ» قَالَ: أَنَا، قَالَ: «رَأَيْتُ بِضْعَةً وَثَلاَثِينَ مَلَكًا يَبْتَدِرُونَهَا أَيُّهُمْ يَكْتُبُهَا أَوَّلُ.
“Di suatu hari, kami shalat di belakang Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- . Maka tatkala beliau –shallallahu ‘alaihi wa sallam- mengangkat kepalanya dari rukuk, beliau berkata : SAMIALLAHU LIMAN HAMIDAH (Allah Maha Mendengar terhadap orang yang memujinya). Seorang laki-laki di belakang beliau berkata : RABBANA WA LAKAL HAMDU HAMDAN KATSIRAN THAYYIBAN MUBARAKAN FIIHI (Wahai Rabb kami ! segala pujian hanya bagi-Mu dengan pujian yang banyak, baik dan diberkahi di dalamnya). Saat selesai, beliau bertanya : “Siapa yang berbicara tadi ?”. Laki-laki tersebut menjawab : “Saya”. Nabi berkata : “Aku melihat tiga puluh sekian Malaikat saling berlomba siapa yang pertama diantara mereka untuk menulis(pahala)nya.”[HR. Al-Bukhari : 799].
Al-Hafidz Ibnu Hajar –rahimahullah- berkata :
واستدل به على جواز إحداث ذكر في الصلاة غير مأثور إذا كان غير مخالف للمأثور
“Hadits ini dijadikan dalil, bolehnya untuk membuat dzikir yang baru di dalam shalat yang tidak ma’tsur (tidak dicontohkan sebelumnya oleh nabi), apabila hal itu( maknanya) tidak menyelisihi (dzikir) yang ma’tsur (yang dicontohkan oleh nabi). [Fathul Baru : 2/287 – Darul Ma’rifah]
Karanganyar, 22 Rabi’ul Awwal 1440 H
Abdullah Al Jirani
30 November pukul 13.43 ·
Sumber : https://www.facebook.com/abdullah.aljirani.37
#Abdullah Al Jirani