Siapa GPK Kokohiyyun? - Part 2

Siapa GPK Kokohiyyun? - Part 2
*“Siapa GPK Kokohiyyun?” – Part 2*
Melanjutkan bahasan "Siapa GPK Kokohiyyun", bagi yang baru menyimak, silakan dibaca dulu Part 1 – link: https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=163291704343002&id=145550472783792&_rdc=1&_rdr
 Kenapa ada kelompok yang mengaku-ngaku Salafiy juga tapi memusuhi GPK Kokohiyyun?
 Itu karena memang ada banyak sub-varietas "Pengaku Salafiy" alias Salafiy Maz‘ûm itu. Secara garis besar, mereka ada dua sub-varietas, yaitu:
(a). Sejatiyyun,
(b). Kokohiyyun.
 Apa bedanya antara Sejatiyyun dengan Kokohiyyun?
 Sebenarnya mereka sama saja ‘aqidahnya, yaitu Neo-Murji-ah, atau lebih tepat: "murji-ah ma‘al hukkâm, khowârij ma‘ad du‘ât". Tetapi, Marja’ Taqlid-nya berbeda.
 Apa itu Marja’ Taqlid?
 Marja’ Taqlid itu adalah "the highest ranking authorities of Salafiy Maz‘ûm", mirip dengan konsep Marja’ Taqlid di agama Rôfidhoh. Yaitu yang mengeluarkan fatwa tertinggi tahdzîr (diperingatkan akan bahayanya) siapa yang sesat dan siapa yang harus dihajr (excommunicated). Marja’ Taqlid itulah yang menjadi rujukan dari ngustad-ngustadnya masing-masing gerombolan, termasuk juga Ngibaroin di masing-masing sekte.
 Lalu apa bedanya Marja’ Taqlid antara Sejatiyyun dengan Kokohiyyun?
 Marja’ Taqlid Sejatiyyun itu adalah Dr Robi’ ibn Hadî al-Madkholî, tinggal di KSA. Makanya Sejatiyyun ini kadang disebut juga dengan "Sekte Madakhilah".
Adapun Marja’ Taqlid Kokohiyyun itu adalah ‘Alî Hasan al-Halabî, tinggal di Urdun (Jordania). Makanya GPK Kokohiyyun itu seringkali disebut sebagai "Halabiyyun".
 Kenapa Sejatiyyun memusuhi Kokohiyyun?
 Itu tak lain karena Marja’ Taqlid Sejatiyyun telah memvonis sesat dan menyesatkan (dholl-mudhill) terhadap Marja’ Taqlidnya Kokohiyyun. Jadi memang pada dasarnya kedua sekte itu tidak akan akur, bahkan terjadi permusuhan yang sangat keras di antara keduanya.
Aneh bukan?
Padahal kedua-duanya mengusung "Manhaj Salaf" katanya, dan kedua-duanya menggadang-gadang konsep "tidak ada persatuan jika tidak di atas Manhaj Salaf". Sementara keduanya bermusuh-musuhan.
Jangankan antara Sejatiyyun dengan Kokohiyyun, antara sub-sub-sekte Sejatiyyun saja terjadi permusuhan yang sangat keras!
Iya, ada Sejatiyyun Level 1, Sejatiyyun Level 2, dan Sejatiyyun Level 3 (yang dikenakal dengan nama MLM atau mutalawwin la‘ab makir).
Bahkan akhir-akhir ini di Level 2 pun sekarang ada Level 2A dan Level 2B.
Jadi, orang yang bodoh pun tahu there's something wrong about them.
Demikian, sekian dulu… lain waktu disambung lagi, إن شاء الله.

Sumber : https://www.facebook.com/sahabatacad/

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.