Kehadiran Imam Ahmad bin Hambal di Majelis Imam Asy-Syafi’i

Kehadiran Imam Ahmad bin Hambal di Majelis Imam Asy-Syafi’i - Kajian Medina
Kehadiran Imam Ahmad bin Hambal di majelis Imam Asy-Syafi’i

Imam Abul Qasim Abdurrahman bin Ismail Ad-Dimasyqi atau yang lebih dikenal dengan Abu Asy-Syamah –rahimahullah- (wafat : 665 H) menuturkan, bahwa Imam Ahmad bin Hambal – rahimahullah – pernah dicela karena meninggalkan majelis hadis nya Imam Sufyan bin Uyainah untuk pindah menghadiri mejelis fiqhnya Imam Asy-Syafi’i –rahimahullah-. Maka Imam Ahmad berkata kepada orang yang mencelanya :

اسْكُتْ، فَإِن فاتك حَدِيث بعلو تَجدهُ بنزول، وَلَا يَضرك فِي دينك وَلَا فِي عقلك وَلَا فِي فهمك، وَإِن فاتك عقل هَذَا الْفَتى أَخَاف أَن لَا تَجدهُ إِلَى يَوْم الْقِيَامَة، مَا رَأَيْت أحدا أفقه فِي كتاب الله عز وَجل من هَذَا الْفَتى

“Diam ! Sesungguhya jika luput darimu sebuah hadis yang sanadnya tinggi, maka kamu masih bisa mendapatkannya dengan sanad yang rendah. Dan hal itu tidak akan membahayakan dirimu dalam agama, akal dan pemahamanmu. Tapi jika luput kecerdasan pemuda ini (maksudnya Imam Asy-Syafi’i) darimu, aku khawatir kamu tidak akan mendapatkannya sampai hari Kiamat. Aku tidak mengetahui ada seorang yang lebih faqih terhadap kitabullah dari pemuda ini (Imam Asy-Syafi’i).” [Syarh Al-Hadits Al-Muqtafa : 49].

_Abdullah Al-Jirani

Abdullah Al Jirani
1 jam ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.