Salah Paham Tentang Manhaj

Salah Paham Tentang Manhaj - Kajian Medina
MANHAJ

Saat ini, kata manhaj banyak disalahpahami sebagai "afiliasi" (pertalian atau hubungan), bukan lagi sebuah metode untuk memahami agama dengan baik dan benar. Oleh karenanya, sebaik dan selurus apapun agama seseorang, tidak akan mendapatkan stempel "bermanhaj lurus" atau "bermanhaj sunah", atau "semanhaj", sampai berafiliasi dengan kelompok atau komunitas tertentu.

Afiliasi di sini bisa berupa ikut ngaji di komunitas tertentu, atau ngaji kepada ustadz komunitas tertentu, atau mengikuti berbagai kegiatan komunitas tertentu, atau ngeshare berbagai artikel komunitas tertentu, atau mendengarkan radio dan TV komunitas tertentu. Dari sini kita tahu, bahwa hidayah untuk memahami agama dengan benar itu mahal. Allah hanya akan memberikan taufiq-Nya kepada sebagian hamba-Nya yang Dia kehendaki. Semoga Allah senantiasa membimbing kita sekalian kepada jalan-Nya.

✒Abdullah Al-Jirani

Abdullah Al Jirani
18 Juli pukul 10.30 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.