Keutamaan Membaca Yasin di Malam Hari

Keutamaan Membaca Yasin di Malam Hari - Kajian Medina
KEUTAMAAN MEMBACA YASIN DI MALAM HARI

Di antara Sunnah Nabi SAW yang mulai banyak dilupakan oleh kaum muslimin adalah membaca Surat Yasin di malam hari. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah, ia akan diampuni (dosanya).”

Hadits di atas diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam “Shahih“nya, Ibnus Sunni dalam “Amalul Yaumi wal Lailah“, Al-Baihaqi dalam “Syu’abul Iman” dan lain-lain.

Imam Ibnu Katsir berkata dalam tafsirnya tentang hadits ini, “Sanadnya bagus.” (Tafsir Ibn Katsir, Surat Yasin)

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitabnya, “Nataijul Afkar” berkata tentang hadits tersebut, “Ini adalah hadits hasan.”

Imam Suyuthi mengatakan tentang hadits ini, “Ini adalah sanad yang sesuai standar shahih.” (Al-La’ali Al-Mashnu’ah karya Imam Suyuthi)

Imam Syaukani berkata, “Hadits: Barangsiapa membaca Yasin dengan mengharap ridho Allah, ia akan diampuni. Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dari Abu Hurairah secara marfu’ dan sanadnya sesuai standar Shahih. Diriwayatkan juga oleh Abu Nu’aim dan Al-Khathib.” (Al-Fawaid Al-Majmu’ah karya Imam Syaukani 1/303 Bab Fadhlul Qur’an)

Mengenai keutamaan surat Yasin, Ibnul Qoyyim mengatakan, “Di dalamnya terkandung ajaran tauhid, tempat kembali (akhirat), berita gembira tentang surga untuk ahli tauhid dan kegembiraan orang yang meninggal di atas tauhid karena firman-Nya: Seandainya kaumku mengetahui…” (At-Taysiir 1/390)

Semoga dengan menghidupkan kembali Sunnah beliau kita termasuk orang-orang yang mendapatkan syafaat beliau di hari kiamat nanti. Amiin.

وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

Danang Kuncoro Wicaksono

Sumber : https://danangsyria.wordpress.com/2015/01/04/keutamaan-membaca-yasin-di-malam-hari/ (04/01/2015)

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.