Engkau Dari Golongan Yang Mana?

Engkau Dari Golongan Yang Mana? - Kajian Medina
KARAKTERISTIK

قال سعيد بن سلام البصري: سمعت أبا حنيفة النعمان يقول: لقيت عطاء بمكة فسألته عن شيء فقال: من أين أنت؟ فقلت: من أهل الكوفة. قال: أنت من أهل القرية الذين فارقوا دينهم وكانوا شيعا؟ قلت: نعم! قال: فمن أي الأصناف أنت؟ قلت: ممن لا يسب السلف ويؤمن بالقدر، ولا يكفر أحدا من أهل القبلة بذنب، فقال عطاء: عرفت فالزم

Sa'id bin Salâm al-Bashri berkata: Aku mendengar Abu Hanifah an-Nu'man berkata: Aku bertemu Atha' di Mekkah, lalu Aku bertanya tentang sesuatu, lantas Ia bertanya: Engkau berasal darimana?

Aku menjawab: Dari Kufah.

Ia berkata: Engkau dari daerah yang penduduknya mencerai-beraikan Agama sehingga terpecah menjadi beberapa golongan?

Aku menjawab: Iya.

Ia kembali bertanya: Lalu, Engkau dari golongan yang mana?

Aku menjawab: Dari golongan yang tidak mencaci-maki salafus shalih, mengimani takdir, dan juga tidak mengkafirkan seorang pun ahli kiblat yang berdosa.

Lalu Atha berkata: Kau telah mengetahuinya, karena itu peganglah erat-erat.

Wallahu a'lam

Nur Hasim
19 Februari pukul 01.11 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.