Supaya Untung Dalam Berniaga

Supaya Untung Dalam Berniaga - Kajian Medina
SUPAYA UNTUNG DALAM BERNIAGA

Perintah Allah ada dua macam. Pertama : yang hukumnya wajib, dan kedua : yang hukumnya nafilah (anjuran). Perkara-perkara wajib akan menjadi sebab keselamatan seorang hamba. Adapun perkara-perkara yang bersifat anjuran, akan menaikan derajat.

Jikalau kita hanya melaksanakan yang wajib saja, mungkin kita akan berada pada tingkatan yang hampir sama. Namun, tiap hamba akan mulai berbeda tingkatannya, sesuai dengan sejauh mana mereka berusaha untuk melaksanakan perkara-perkara nafilah.

Ibarat berniaga, perkara wajib itu modalnya, sedangkan perkara nafilah itu keuntungannya. Jika kita membatasi diri hanya melaksanakan yang wajib saja, berarti kita tidak pernah meraih keuntungan dalam berniaga. Demikian dijabarkan oleh Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali -rahimahullah- dalam "Ihya' Ulum Ad-Din".

Mari semangat menghidupkan perkara-perkara nafilah, baik shalat, puasa, sedekah, dan yang lainnya.

✒Abdullah Al-Jirani


Abdullah Al Jirani
2 jam ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.