Dukhan Kiamat Sebentar Lagi?

Dukhan Kiamat Sebentar Lagi? - Kajian Medina
Dukhan Kiamat Sebentar Lagi?

Di youtube ternyata banyak banget orang bahas dukhan (asap) yang yang disebutkan di al-Qu'an surat ad-Dukhan. Biasanya itu dianggap salah satu tanda kiamat. Tapi parahnya, beberapa menakut-nakuti ada kemungkinan bahwa itu terjadi di Ramadhan tahun 2020 ini. Wow...

Seperti beberapa kali saya singgung, saya tak tertarik membahas bahasan ini sebab takalluf (memaksakan diri) mencari tahu hal yang memang info jelasnya tidak ada. Sahabat Ibnu Mas'ud mengomentari orang seperti ini dengan ucapannya yang terkenal,
إِنَّ مِنَ العلم أن يقول الرجل لما لا يعلم: اللَّهُ أَعْلَمُ
"Sesungguhnya termasuk ilmu adalah ketika seseorang berkata tentang sesuatu yang tidak ia ketahui: "Allahu A'lam".

Jadi kalau tak tahu sebenarnya simpel tinggal bilang tidak tahu dan Allahu A'lam (Allah yang lebih tahu), bukan menerka dan membuat teori yang tak ada jaminan kebenarannya. Namun sekedar info saja soal Dukhan ini, banyak tokoh ulama salaf yang berpendapat bahwa Dukhan itu sudah terjadi, ya tak perlu kaget, Dukhan sudah terjadi!

Di antara yang berpendapat bahwa Dukhan sudah terjadi dahulu kala di masa Nabi adalah Sahabat Ibnu Mas'ud, Mujahid, Abul Aliyah, Ibrahim an-Nakha'i, Ad-Dlahhak, Athiyah al-Aufa dan Ibnu Jarir at-Thabari. Ini tokoh-tokoh besar yang pastinya diikuti banyak tokoh lain di bawahnya. Menurut pendapat ini, ceritanya dulu orang kafir Quraisy pernah didoakan kemarau oleh Nabi sehingga mereka kelaparan dan ketika mereka melihat ke langit, yang terlihat hanya asap belaka.

Beberapa tokoh lain memang berpendapat berbeda, menurut mereka dukhan ini muncul menjelang kiamat. Nah ini yang jadi pegangan para ustadz akhir zaman, eh maksudnya para ustadz yang suka membahas tanda akhir zaman. Tapi kalau kita melihat seluruh catatan ulama salaf, tak ada satu pun yang berkata semisal "di tahun ini kayaknya Dukhan itu muncul, jadi ati-ati lo pade". Tak ada yang berani memprediksi seperti itu. Yang ada hanya ngajak menambah amal shalih untuk persiapan mati yang entah kapan dan untuk menyambut kiamat yang entah kapan.

Namun kalau kita melihat catatan sejarah secara umum, mudah kita temukan orang yang berkata "kayaknya dajjal turun sekian tahun lagi, kayaknya kiamat sekian tahun lagi, kemungkinan peristiwa anu terjadi bla...bla... bla...". Yang semacam itu banyak dan sekarang sudah lebih seribu tahun sejarah mencatat bahwa ramalan semacam itu hanya omong kosong. Tapi anehnya tetap laris manis dan polanya diduplikasi terus dengan tambahan bumbu-bumbu modern seperti illuminati, freemasons, virus corona, konflik timur tengah atau konflik kerajaan Saudi secara khusus. Ah... seandainya mereka berkata "Allahu A'lam" saja maka tentu itu baik.

Bagi teman-teman yang suka nulis, silakan clue-clue di atas dikembangkan jadi artikel serius atau dibahas di channel Youtubenya. Kayaknya banyak yang suka.

Terakhir, semoga ibadah ramadhan tahun ini lancar. Jangan lupa jaga iman sambil jaga imun.

Abdul Wahab Ahmad
17 April pukul 14.11 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.