Kembali Berdusta Atas Nama Syafi’iyah

Kembali Berdusta Atas Nama Syafi’iyah - Kajian Medina
KEMBALI BERDUSTA ATAS NAMA SYAFI’IYAH

(tanggapan untuk Ustadz Firanda Andirja)

Oleh: Faris Khoirul Anam
(Wakil Ketua Aswaja NU Center PWNU Jatim)

Ustadz Firanda, hafizhakumullah…

Kami melihat dalam video ini, antum dengan penuh percaya diri menyebut bahwa contoh bid’ah hasanah menurut madzhab Syafi’i hanya pada sesuatu yang bersifat sarana (wasail). Entah karena tak tahu atau karena sudah ditutup oleh ketidaksukaan, antum juga mengatakan bahwa standar bid’ah menurut pihak yang mengakui bid’ah hasanah itu relatif, tak punya standar. Antum ya ustadz, juga menuduh bid’ah hasanah adalah “kreasi sebebas-bebasnya”. Bila antum mengatakan ini dengan sengaja dan tanpa bukti, maka ini adalah contoh kedustaan yang lain.

Al-Faqir sebut “kembali berdusta”, karena trik ini rupanya berkali-kali dilakukan: mengutip-ngutip penjelasan madzhab Syafi’i yang seakan membenarkan suatu penjelasan, padahal bila mau objektif dan mencari kebenaran, kenyataannya tak seperti itu.

(1) Apa benar, contoh bid’ah hasanah menurut Syafi’iyah hanya sesuatu yang bersifat sarana?

Ya, itu yang akan segera disimpulkan oleh jama’ah antum dengan anggukan penuh kekaguman terhadap keilmuan antum. Tapi karena hanya itu yang antum pilih untuk antum baca dan antum jelaskan kepada jama’ah antum. Tapi cobalah antum bersikap adil, tidak mengutip satu penjelasan dan meninggalkan yang lain. Kami tidak tahu apa tujuan antum bersikap “tebang pilih” terhadap penjelasan ulama Madzhab Syafi’i: karena tak tahu, tak mau, atau malu untuk menyebut contoh lain bid’ah hasanah dari ulama Madzhab Syafi’i, yang ternyata tidak terbatas pada sarana sebagaimana antum ulang-ulang dalam kajian itu.

Apakah berkumpul untuk membacakan al-Qur’an bagi orang meninggal dunia adalah sarana, sehingga antum saat ini bisa menerimanya? Wal-hamdulillah. Karena itulah pendapat ulama kami madzhab Syafi’i. Ibnu Hajar al-Haitami dalam Tuhfat al-Muhtaj jilid 3, hal 199 mengatakan:

تَكْرِيرُ الذَّهَابِ بَعْدَ الدَّفْنِ لِلْقِرَاءَةِ عَلَى الْقَبْرِ لَيْسَ بِسُنَّةٍ مَمْنُوعٌ إذْ يُسَنُّ كَمَا نَصَّ عَلَيْهِ قِرَاءَةُ مَا تَيَسَّرَ عَلَى الْقَبْرِ وَالدُّعَاءُ لَهُ فَالْبِدْعَةُ إنَّمَا هِيَ فِي تِلْكَ الِاجْتِمَاعَاتِ الْحَادِثَةِ دُونَ نَفْسِ الْقِرَاءَةِ وَالدُّعَاءِ عَلَى أَنَّ مِنْ تِلْكَ الِاجْتِمَاعَاتِ مَا هُوَ مِنْ الْبِدَعِ الْحَسَنَةِ كَمَا لَا يَخْفَى.

Semoga Maulid Nabi juga antum identifikasi sebagai sarana bagi umat untuk membaca shalawat, sarana mempelajari Sirah Nabawiyah, sarana mendengarkan mau’izhah hasanah, sehingga antum juga menyebutnya sebagai bid’ah hasanah, seperti penjelasan ulama madzhab Syafi’i al-Suyuthi, dalam al-Hawi li al-Fatawi, jilid 1, hal 229 berikut ini.

وَقَدْ سُئِلَ شَيْخُ الْإِسْلَامِ حَافِظُ الْعَصْرِ أبو الفضل ابن حجر عَنْ عَمَلِ الْمَوْلِدِ، فَأَجَابَ بِمَا نَصُّهُ: أَصْلُ عَمَلِ الْمَوْلِدِ بِدْعَةٌ لَمْ تُنْقَلْ عَنْ أَحَدٍ مِنَ السَّلَفِ الصَّالِحِ مِنَ الْقُرُونِ الثَّلَاثَةِ، وَلَكِنَّهَا مَعَ ذَلِكَ قَدِ اشْتَمَلَتْ عَلَى مَحَاسِنَ وَضِدِّهَا، فَمَنْ تَحَرَّى فِي عَمَلِهَا الْمَحَاسِنَ وَتَجَنَّبَ ضِدَّهَا كَانَ بِدْعَةً حَسَنَةً وَإِلَّا فَلَا، قَالَ: وَقَدْ ظَهَرَ لِي تَخْرِيجُهَا عَلَى أَصْلٍ ثَابِتٍ وَهُوَ مَا ثَبَتَ فِي الصَّحِيحَيْنِ مِنْ «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُودَ يَصُومُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، فَسَأَلَهُمْ فَقَالُوا: هُوَ يَوْمٌ أَغْرَقَ اللَّهُ فِيهِ فرعون وَنَجَّى مُوسَى فَنَحْنُ نَصُومُهُ شُكْرًا لِلَّهِ تَعَالَى» ، فَيُسْتَفَادُ مِنْهُ فِعْلُ الشُّكْرِ لِلَّهِ عَلَى مَا مَنَّ بِهِ فِي يَوْمٍ مُعَيَّنٍ مِنْ إِسْدَاءِ نِعْمَةٍ أَوْ دَفْعِ نِقْمَةٍ.

Apakah bersalaman tangan setelah shalat yang oleh pihak antum disebut sebagai bid’ah adalah juga sarana? Berikut penjelasan madzhab Syafi’I tentang bersalaman tangan setelah shalat Subuh dan Ashar, dalam al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab, jilid 3, hal 488:

وَأَمَّا هَذِهِ الْمُصَافَحَةُ الْمُعْتَادَةُ بَعْدَ صَلَاتَيْ الصُّبْحِ وَالْعَصْرِ فَقَدْ ذَكَرَ الشَّيْخُ الْإِمَامُ أَبُو مُحَمَّدِ بْنُ عَبْدِ السَّلَامِ رَحِمَهُ اللَّهُ أَنَّهَا مِنْ الْبِدَعِ الْمُبَاحَةِ وَلَا تُوصَفُ بِكَرَاهَةٍ وَلَا اسْتِحْبَابٍ وَهَذَا الَّذِي قَالَهُ حَسَنٌ وَالْمُخْتَارُ أَنْ يُقَالَ إنْ صَافَحَ مَنْ كَانَ مَعَهُ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَمُبَاحَةٌ كَمَا ذَكَرْنَا وَإِنْ صافح من لم يكن معه قبل الصلاة عند اللقاء فسنة بِالْإِجْمَاعِ لِلْأَحَادِيثِ الصَّحِيحَةِ فِي ذَلِكَ.

Apakah mencium Mushaf al-Qur’an juga sarana? Karena itu juga dijadikan contoh sebagai bid’ah hasanah oleh madzhab Syafi’i, sebagaimana disebutkan dalam Syarh Sunan Ibn Majah, jilid 1, hal. 263 berikut ini.

فِي الْقنية تَقْبِيل الْمُصحف قيل بِدعَة لَكِن روى عَن عمر رض انه كَانَ يَأْخُذ الْمُصحف كل غَدَاة ويقبله وَيَقُول عهد رَبِّي ومنشور رَبِّي عز وَجل وَكَانَ عُثْمَان يقبل الْمُصحف ويمسه على وَجهه واما تَقْبِيل الْخبز فحرر الشَّافِعِي انه بِدعَة مُبَاحَة وَقيل حَسَنَة انْتهى (إنْجَاح)

Bilal atau Muraqqi itu sarana atau bukan? Sehingga di masjid antum tidak ada bilal sedang di masjid umat Islam yang bermadzhab Syafi’i terdapat bilal, karena itu adalah bid’ah hasanah. Berikut penjalasan madzhab Syafi’i dalam Hasyiyah Qulyubi, jilid 1, hal. 326:

(فَرْعٌ) اتِّخَاذُ الْمرقَى الْمَعْرُوفِ بِدْعَةٌ حَسَنَةٌ لِمَا فِيهَا مِنْ الْحَثِّ عَلَى الصَّلَاةِ عَلَيْهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - بِقِرَاءَةِ الْآيَةِ الْمُكَرَّمَةِ وَطَلَبِ الْإِنْصَاتِ بِقِرَاءَةِ الْحَدِيثِ الصَّحِيحِ الَّذِي كَانَ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يَقْرَؤُهُ فِي خُطَبِهِ وَلَمْ يَرِدْ أَنَّهُ وَلَا الْخُلَفَاءَ بَعْدَهُ اتَّخَذُوا مَرْقِيًّا. وَذَكَرَ ابْنُ حَجَرٍ أَنَّهُ لَهُ أَصْلًا فِي السُّنَّةِ وَهُوَ «قَوْلُهُ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - حِينَ خَطَبَ فِي عَرَفَةَ لِشَخْصٍ مِنْ الصَّحَابَةِ اسْتَنْصِتْ النَّاسَ» .

(2) Apa benar tuduhan antum bahwa standar bid’ah menurut pihak yang mengakui bid’ah hasanah itu relatif, dan bahwa bid’ah hasanah adalah “kreasi sebebas-bebasnya”?

Ulama madzhab Syafi’i dan mayoritas ulama empat madzhab membicarakan standar-standar pembagian itu. Bila hal itu benar-benar dikaji dan diamalkan, maka bid’ah hasanah bukanlah “kreasi sebebas-bebasnya” sebagaimana antum tuduhkan.

Sulthanul ‘Ulama Izzuddin Abdussalam yang antum kutip penjelasannya, membicarakan standar itu dalam Qawa’id al-Ahkam (2/204). Berikut penjelasan beliau:

الْبِدْعَةُ فِعْلُ مَا لَمْ يُعْهَدْ فِي عَصْرِ رَسُولِ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -. وَهِيَ مُنْقَسِمَةٌ إلَى: بِدْعَةٌ وَاجِبَةٌ، وَبِدْعَةٌ مُحَرَّمَةٌ، وَبِدْعَةٌ مَنْدُوبَةٌ، وَبِدْعَةٌ مَكْرُوهَةٌ، وَبِدْعَةٌ مُبَاحَةٌ، وَالطَّرِيقُ فِي مَعْرِفَةِ ذَلِكَ أَنْ تُعْرَضَ الْبِدْعَةُ عَلَى قَوَاعِدِ الشَّرِيعَةِ: فَإِنْ دَخَلَتْ فِي قَوَاعِدِ الْإِيجَابِ فَهِيَ وَاجِبَةٌ، وَإِنْ دَخَلَتْ فِي قَوَاعِدِ التَّحْرِيمِ فَهِيَ مُحَرَّمَةٌ، وَإِنْ دَخَلَتْ فِي قَوَاعِدِ الْمَنْدُوبِ فَهِيَ مَنْدُوبَةٌ، وَإِنْ دَخَلَتْ فِي قَوَاعِدِ الْمَكْرُوهِ فَهِيَ مَكْرُوهَةٌ، وَإِنْ دَخَلَتْ فِي قَوَاعِدِ الْمُبَاحِ فَهِيَ مُبَاحَةٌ. (الإمام عزالدين بن عبد السلام، قواعد الأحكام، ۲/204).

Al-’Aini dalam Syarh al-’Aini ‘ala al-Bukhari, setelah mendefinisikan bid’ah secara bahasa dan istilah syar’I dan membagi bid’ah menjadi dua, yaitu bid’ah dhalalah dan bid’ah hasanah, juga membicarakan standar itu. Berikut penjelasan beliau:

وَالبِدْعَةُ لُغَةً: كُلُّ شَيْءٍ عُمِلَ عَلَى غَيْرِ مِثَالٍ سَابِقٍ. وَشَرْعاً: إِحْدَاثُ مَا لَمْ يَكُنْ لَهُ أَصْلٌ فِي عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَهِيَ عَلَى قِسْمَيْنِ: بِدْعَة ضَلاَلَة وَهِيَ التِي ذَكَرْنَاهَا, وَبِدْعَة حَسَنَة وَهِيَ مَا رَآهُ المُؤْمِنُوْنَ حَسَناً, وَلاَ يَكُوْنُ مُخَالِفاً لِلْكِتَابِ أَوِ السُّنَّةِ أَوِ الأَثَرِ أَوِ الإِجْمَاعِ. شرح العيني على البخاري 5/230

Al-Qurthubi al-Maliki dalam al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, atau Tafsir al-Qurthubi, juga membicarakan standar pengklasifian bid’ah, setelah beliau membagi bid’ah menjadi dua. Berikut penjelasan beliau:

كُلُّ بِدْعَةٍ صَدَرَتْ مِنْ مَخْلُوقٍ فَلَا يخلو أَنْ يَكُونَ لَهَا أَصْلٌ فِي الشَّرْعِ أَولا، فَإِنْ كَانَ لَهَا أَصْلٌ كَانَتْ وَاقِعَةً تَحْتَ عُمُومِ مَا نَدَبَ اللَّهُ إِلَيْهِ وَخَصَّ رَسُولَهُ عَلَيْهِ، فَهِيَ فِي حَيِّزِ الْمَدْحِ. وَإِنْ لَمْ يَكُنْ مِثَالُهُ مَوْجُودًا كَنَوْعٍ مِنَ الْجُودِ وَالسَّخَاءِ وَفِعْلِ الْمَعْرُوفِ، فَهَذَا فِعْلُهُ مِنَ الْأَفْعَالِ الْمَحْمُودَةِ، وَإِنْ لَمْ يَكُنِ الْفَاعِلُ قَدْ سُبِقَ إِلَيْهِ. وَيَعْضُدُ هَذَا قَوْلُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: نِعْمَتِ الْبِدْعَةُ هَذِهِ، لَمَّا كَانَتْ مِنْ أَفْعَالِ الْخَيْرِ وَدَاخِلَةً فِي حَيِّزِ الْمَدْحِ، وَهِيَ وَإِنْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ صَلَّاهَا إِلَّا أَنَّهُ تَرَكَهَا وَلَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا، وَلَا جَمَعَ النَّاسَ، عَلَيْهَا، فَمُحَافَظَةُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَلَيْهَا، وَجَمْعُ النَّاسِ لَهَا، وَنَدْبُهُمْ إِلَيْهَا، بِدْعَةٌ لَكِنَّهَا بِدْعَةٌ مَحْمُودَةٌ مَمْدُوحَةٌ. وَإِنْ كانت في خلاف ما أمر لله بِهِ وَرَسُولُهُ فَهِيَ فِي حَيِّزِ الذَّمِّ وَالْإِنْكَارِ. القرطبي, الجامع لأحكام القرآن 2/87

Al-Qarafi al-Maliki (w. 684 H) dalam Anwar al-Buruq fi Anwa’ al-Furuq (popular disebut al-Furuq) yang membagi bid’ah menjadi lima, juga dengan menyertainya dengan standar-standar. Berikut penjelasan beliau:

وَالْحَقُّ التَّفْصِيلُ، وَأَنَّهَا خَمْسَةُ أَقْسَامٍ: (قِسْمٌ) وَاجِبٌ، وَهُوَ مَا تَتَنَاوَلُهُ قَوَاعِدُ الْوُجُوبِ وَأَدِلَّتُهُ مِنْ الشَّرْعِ كَتَدْوِينِ الْقُرْآنِ وَالشَّرَائِعِ إذَا خِيفَ عَلَيْهَا الضَّيَاعُ… (الْقِسْمُ الثَّانِي) : مُحَرَّمٌ، وَهُوَ بِدْعَةٌ تَنَاوَلَتْهَا قَوَاعِدُ التَّحْرِيمِ وَأَدِلَّتُهُ مِنْ الشَّرِيعَةِ كَالْمُكُوسِ… وَتَوْلِيَةِ الْمَنَاصِبِ الشَّرْعِيَّةِ مَنْ لَا يَصْلُحُ لَهَا بِطَرِيقِ التَّوَارُثِ. (الْقِسْمُ الثَّالِثُ) مِنْ الْبِدَعِ مَنْدُوبٌ إلَيْهِ، وَهُوَ مَا تَنَاوَلَتْهُ قَوَاعِدُ النَّدْبِ وَأَدِلَّتُهُ مِنْ الشَّرِيعَةِ كَصَلَاةِ التَّرَاوِيحِ. (الْقِسْمُ الرَّابِعُ) بِدَعٌ مَكْرُوهَةٌ، وَهِيَ مَا تَنَاوَلَتْهُ أَدِلَّةُ الْكَرَاهَةِ مِنْ الشَّرِيعَةِ وَقَوَاعِدُهَا كَتَخْصِيصِ الْأَيَّامِ الْفَاضِلَةِ أَوْ غَيْرِهَا بِنَوْعٍ مِنْ الْعِبَادَاتِ. (الْقِسْمُ الْخَامِسُ) الْبِدَعُ الْمُبَاحَةُ، وَهِيَ مَا تَنَاوَلْته أَدِلَّةُ الْإِبَاحَةِ وَقَوَاعِدُهَا مِنْ الشَّرِيعَةِ كَاِتِّخَاذِ الْمَنَاخِلِ لِلدَّقِيقِ. القرافي, الفروق )أنوار البروق في أنواء الفروق( 4/ 202-204

Wal-hashil, madzhab Syaf’i tak hanya membatasi contoh bid’ah hasanah pada sesuatu yang bersifat sarana, tapi juga “menyentuh” hal-hal ritual ibadah. Namun mereka memiliki standar untuk semua ini. Tak hanya madzhab Syafi’i yang memiliki keyakinan penjelasan seperti itu, namun juga madzhab-madzhab lain. Hal ini makin menunjukkan bahwa pendapat kelompok Salafi adalah “sangat minoritas” dan “makin terjepit” di antara pendapat ulama-ulama empat madzhab.

Wallahu a’lam bish-shawab.

إِنْ أُرِيدُ إِلَّا الْإِصْلَاحَ مَا اسْتَطَعْتُ وَمَا تَوْفِيقِي إِلَّا بِاللَّهِ [هود: 88[

“Aku tidak bermaksud kecuali (mendatangkan) perbaikan selama aku masih berkesanggupan. Tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah.” (QS. Hud: 88)

Kembali Berdusta Atas Nama Syafi’iyah - Kajian Medina

Faris Khoirul Anam bersama Arif Khunaifi.
12 Februari pukul 09.12 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.