Fiqih Interaksi Muslim dan Non Muslim

Fiqih Interaksi Muslim dan Non Muslim - Kajian Medina
Fiqih Interaksi Muslim dan Non Muslim

Beberapa kali saya sempat terjebak. Tiba-tiba panitia kasih info bahwa acara juga dihadiri direksi yang non muslim. Jadi mohon materi pengajiannya jangan menyinggung agama lain.

Dulu saya rada puyeng kalau terjebak kayak gitu. Karena memang tidak siap. Terbiasa ngisi kajian secara internal, kalau non muslim dengar pasti marah dan tersinggung.

Tapi saya pernah hadir dalam suatu forum yang dihadiri oleh para pemuka agama yang berbeda. Yang punya hajat pak Maftuh Basuni, Menteri Agama RI di masa SBY. Nara sumber utamanya Dr. Yusuf Al-Qaradawi.

Di majelis antar agama itu, Al-Qaradhawi secara indah menggambarkan bagaimana Islam mengatur interaksi umat Islam dan non muslim secara apa adanya, detail dan asli original sesuai dalam ilmu fiqih.

Para pemuka agama lain nampak terkagum-kagum dengan penjelasannya. Bahkan di akhir sesi, mereka berebutan mencium tangan Al-Qaradawi.

Sejak itulah saya tertarik menulis dan membahas detail fiqih interaksi antara umat beragama.

Buku Waqaf RFI : Fiqih Interaksi Muslim dengan Non Muslim
http://www.rumahfiqih.com/pdf/x.php?id=133 -fiqih-interaksi-muslim-dengan-non-muslim.htm

Ahmad Sarwat
21 Agustus pukul 00.47 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.