Amalan Bulan Dzulhijjah

Amalan Bulan Dzulhijjah - Kajian Medina
AMALAN TERBAIK

مَا مِنْ أَيَّامٍ اَلْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيْهَا أَحَبُّ إِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ، يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَلاَ الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ؟ قَالَ: وَلاَ الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ، إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ.

“Tidak ada hari yang amal shalih dikerjakan di dalamnya lebih dicintai oleh Allah melebihi amal shalih yang dilakukan di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

Para sahabat bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah juga dia lebih utama dari jihad ?'

Nabi menjawab, 'Ya, juga lebih utama dari jihad, kecuali seseorang yang berjihad dengan jiwa dan hartanya dan setelahnya tidak ada satu pun yang kembali ke rumahnya." (HR. Bukhari)

Apa saja amalan bulan Dzulhijjah ?

1. Haji dan umrah.

2. Memperbanyak puasa dari awal sampai sembilan Dzulhijjah.

3. Puasa 8 Dzulhijjah.

4. Puasa Arafah.

5. Shalat hari Raya Idul Adha.

6. Berqurban.

7. Takbiran dari tanggal sembilan sampai selesai hari Tasyriq.

8. Memperbanyak amal shalih lainnya.

Ahmad Syahrin Thoriq
5 Agustus pukul 10.48 ·

Ahmad Syahrin Thoriq : Hadist tentang puasa Tarwiyah adalah sebagai berikut :
صوم يوم التروية كفارة سنة ، وصوم يوم عرفة كفارة سنتين.
" Puasa hari Tarwiyah menghapuskan dosa setahun, puasa hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun."
Hadist tersebut tercantum dalam kitab Kanzul Ummal, Jami’ Imam Suyuthi, diriwayatkan Ibnu Hibban dalam kitab Al-Tsawab.
Para ulama mengatakan bahwa hadist tersebut dlaif. Sebagian ulama mengatakan ini hadist marfu’. Namun, umumnya para ulama madzab berpendapat bahwa hadits diatas boleh diamalkan karena tidak sangat lemah dan bisa berfungsi sebagai fadhilah amal, karena ada hadits shahih yang menyebutkan keutamaan puasa dihari-hari awal Dzulhijjah.
Wallahu a'lam.

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.