Imam asy-Syaukani

Imam asy-Syaukani - Kajian Medina
IMAM ASY-SYAUKANI

Imam asy-Syaukani memang kontroversial dengan pemikiran anti taqlid-nya yang jelas-jelas menyelisih mayoritas ulama' Ahlussunnah wal Jama'ah. Tetapi dalam banyak hal, beliau adalah Ahlussunnah wal Jama'ah, baik secara amal atau fikroh. Misal:

1. PENGAMAL TAREKAT NAQSYABANDIYYAH.

Beliau mengambil talqin dzikir dari sufi, Syaikh Abdul Wahhab bin Muhammad Syakir al-Hasani. Itu diakui sendiri oleh beliau dalam kitab "Al-Badr ath-Tholi'".

2. TAUBAT DARI MENCELA SYAIKH AKBAR IBNU ARABI

Empat puluh tahun sebelum menulis risalah yang mengungkapkan taraju' [taubat]-nya, beliau adalah salah satu ulama' mutaakhirin yang mengkafirkan Imam Ibn Arabi. Taubat [taraju'] beliau dikisahkan pula oleh murid terdekat beliau, Shiddiq Hasan Khan dalam kitabnya yang berjudul "At-Taj al-Mukallal".

3. MENGAKUI AJARAN TASAWUF

Dalam risalah tasawufnya, beliau menyebutkan ciri-ciri sufi yang hakiki, diantaranya adalah tidak menyelisihi syariat yang suci, memilih hidup zuhud dan sibuk dzikir kepada Allah. Beliau juga memiliki syair-syair tentang tingkatan suluk tasawuf [Syariat, Thoriqoh, dan Hakikat].

4. MUKASYAFAH

Dalam risalah tasawufnya, beliau mengakui mukasyafah para auliya' dan sholihin. Beliau juga mengakui hal itu sebagai mauhibah ilahiyyah.

5. MENGAKUI EKSISTENSI MURSYID SEBAGAI PENDIDIK RUHANIYAH

Dalam risalah tasawufnya, beliau menyebutkan kriteria murabbi atau mursyid dalam pendidikan ruhani [tarekat]. Hal ini amat wajar karena beliau sendiri adalah pengamal tarekat.

6. MENGAKUI KARAMAT AULIYA'

Dalam risalah yang ditulis khusus tentang karamah auliya' yang terkandung dalam kitab "Al-Fath ar-Rabbani" jilid II, beliau mengakui adanya karamat wali yang tidak pernah meragukan.

7. TABARRUK DENGAN SHOLIHIN

Beliau dalam kitab Nailul Author mengakui tabarruk dengan kaum sholihin untuk istajabahnya doa.

8. TAWASSUL DENGAN ANBIYA' DAN SHOLIHIN

Masih dalam kitab Nailul Author, beliau memperbolehkan tasawaul dengan Rasulullah. Dan dalam kitab Tuhfatudz Dzakirin beliau memperbolehkan tasawwul dengan anbiya' dan sholihin.

9. MENGAKUI KITAB-KITAB TASAWUF

Beliau mengakui eksistensi kitab-kitab tasawuf yang mengungkap hikayah-hikayah sufi, seperti Hilyatul Auliya' karangan Abu Nuaim, Risalah Qusyairiyyah karangan al-Qusyairi, Shofwatus Shofwah karangan Ibnul Jauzi, Thabaqat Auliya' karangan asy-Syarji, kitab Raudhur Rayahin karangan al-Yafi'i dan kitab-kitab sufi lain

Hidayat Nur
3 Juli pukul 09.59 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.