Kaidah Ambil Dhoror Yang Lebih Ringan

Kaidah Ambil Dhoror Yang Lebih Ringan - Kajian Medina
Di antara contoh penerapan kaidah ambil dhoror yang lebih ringan di kitab-kitab qawaid fiqhiyyah:

1. Kalau ada ayam Fulan menelan batu infinity stone, eh batu mutiara seseorang, pemilik mutiara sebaiknya membeli ayam tersebut lalu menyembelihnya agar mutiara tsb dia dapatkan kembali.

2. Kalau ada orang yang shalat, apabila ia berdiri tersingkap auratnya, dan apabila ia duduk, auratnya tak tersingkap, dia harus shalat duduk, karena itu lebih mending daripada berdiri tapi shalat malah gak sah.

3. Kalau ada seseorang yang terluka melakukan shalat, kalau dia sujud, darahnya muncrat atau mengalir ke sajadah masjid, dan apabila enggak sujud, darahnya gak mengalir, dia mesti shalat tanpa sujud (cukup berisyarat), karena itu lebih mending daripada sujud dan mengotori masjid dan malah pingsan karena kehabisan darah.

4. Kalau ada seorang ibu hamil yang meninggal dunia, dan tidak ada cara lain untuk menyelamatkan bayi di dalam perut kecuali dengan membelah perut ibu tsb, lebih baik perutnya dibelah agar bayinya selamat.

5. Kalau ada kapal yang mau tenggelam dan tidak ada cara lain selain mengurangi berat beban kapal dengan membuang barang bawaan di kapal, barang bawaan itu sebaiknya dibuang kelaut agar seluruh penumpang selamat.

Andang Supriana
22 April pukul 21.50 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.