Hukum Orang Yang Tidak Sholat Sunnah Jumah Qabliyah

Hukum Orang Yang Tidak Sholat Sunnah Jumah Qabliyah - Kajian Medina
حكم من لم يصل سنة الجمعة القبلية لصعود الإمام المنبر بعد الأذان الأول مباشرة

Hukum orang yang tidak sholat sunnah jumah qabliyah karena Imam langsung naik mimbar pasca adzan pertama

السؤال :

صعد الإمام يوم الجمعة على المنبر بعد الأذان الأول مباشرة ولم يصل قسم كبير من المصلين السنة القبلية، فماذا يفعلون؟

Pertanyaan:
Di hari Jumah, Imam langsung naik mimbar pasca adzan pertama, sehingga banyak jamaah tidak bisa melaksanakan sunnah qabliyah. Lantas, apa yang akan mereka lakukan?

الجواب :

يختلف الفقهاء في وجود سنة راتبة قبل الجمعة، ولا يختلفون في مشروعية الصلاة النافلة قبل أن يصعد الإمام المنبر، وبعض طلاب العلم يرون قضية سنة الجمعة القبلية أهم القضايا، ويشتغلون بها عن القضايا الأخرى، ونحن نكره تفرق صفوف المسلمين؛ لأنه حرام، ولذا أنصح المصلي في مثل هذه الحال أن ينصت للخطيب ويؤخر سنة الجمعة القبلية إلى بعد أداء الجمعة ثم يصليها وتكون أداء لا قضاء، فذلك خير من إثارة البلبلة في المسجد، ولو قام رجل فصلى ركعتين خفيفتين فلا بأس، وموافقة الإمام أولى.

Jawaban Syekh Nuh Ali Salman ~Mufti Yordania~ Rahimahullah:

Ulama pakar fiqh berbeda pendapat mengenai keberadaan sunnah rawatib qabliyah jumah, namun tidak berbeda pendapat mengenai kemasyru'iyahan sholat nafilah sebelum imam naik ke mimbar.

Sebagian penuntut ilmu menganggap bahwa perkara sunnah jumah qabliyah adalah masalah yang paling penting, hingga mereka menyibukkan diri dengan sholat itu dari masalah yang lain.

Kami membenci perpecahan barisan kaum muslimin, karena hukumnya haram. Dan karena alasan inilah, kami menasehati orang yang shalat dalam keadaan seperti ini agar diam untuk mendengarkan khutbah sang Khatib dan mengakhirkan pelaksanaan sunnah jumah qabliyah hingga selesai sholat jumah, kemudian ia mengerjakannya dan hal itu tetap dihitung ada' (tunai), bukan qadha'.

Hal ini lebih baik daripada menimbulkan kekacauan di masjid, dan seandainya seseorang berdiri lalu sholat 2 rakaat ringkas, maka tidak apa-apa, namun menepati imam itu lebih baik.

Wallahu a'lam

Nur Hasim
22 April pukul 20.43 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.