Air Cucian Najis

Air Cucian Najis - Kajian Medina
AIR CUCIAN NAJIS

Oleh : Abdullah Al Jirani

Berkaitan dengan artikel kami sebelumnya yang berjudul “CUKUPKAH MENGHILANGKAN NAJIS DENGAN CARA DILAP ?”, ada pertanyaan yang diajukan kepada kami terkait masalah ini. pertanyaannya adalah : Apa hukum air yang digunakan untuk mengguyur lantai yang terkena air kencing tersebut ? Suci atau najis ? Jawaban dari pertanyaan ini diperinci manjadi dua keadaan :

(1). Jika lantai yang terkena air kencing telah dibersihakan/dilhilangkan dzat air kencingnya dengan cara dilap dengan kain atau tissue, maka air yang diguyurkan setelahnya di area tersebut hukumnya suci tapi tidak menyucikan. Karena setelah dihilangkan dzat najisnya, maka hukumnya berubah dari najis dzatiyyah menjadi najis hukmiyyah. Najis hukmiyyah adalah najis secara hukum saja, akan tetapi dzatnya sudah tidak ada. Hal ini dengan catatan, bahwa air tersebut tidak berubah salah satu dari tiga sifatnya (rasa, bau dan warna), serta kadarnya tidak bertambah.

(2). Adapun jika tidak dibersihkan terlebih dahulu, maka diperinci : (A). Jika air yang digunakan untuk mengguyur lantai tersebut kurang dari dua qullah*, hukumnya najis. (B). Jika lebih dari dua qullah, maka dilihat apakah ada perubahan dari salah satu dari tiga sifatnya. Jika ada perubahan, maka najis. Jika tidak ada perubahan, maka tidak najis. Karena najis di sini najis dzatiyyah.

Cara tepat : Bersihkan dulu air kencing yang ada di lantai dengan cara dilap atau yang semisalnya. Baru kemudian diguyur air secukupnya. Air guyuran ini hukumnya suci (walau tidak menyucikan). Setelah itu air tersebut dilap lagi dengan kain lap yang lain (bukan kain lap yang digunakan untuk membersihkan pertama kali, karena ia najis). Dengan demikian, lantai telah suci kembali. Al-hamdulillah.

Semoga jawaban ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan keilmuan kita sekalian. Amin...

Solo, 24 Jumadil Awal 1440 H
===
* Terdapat perbedaan diantara ulama’ kontemporer mengenai kadar air 2 kulah;

1. Versi keterangan dalam kitab Fathul Qodir karya KH M Makshum Ali, volume air 2 kulah adalah 174,58 liter

2. Menurut keterangan dalam kitab Ghoyatul Muna Syarah Safinatun Naja karya Syaikh Muhammad bin Ali bin Muhammad Ba ‘Athiyyah Ad-Du’ani, volume air 2 kulah adalah 216 liter.

3. Menurut keterangan dalam kitab At-taqrirot As-Sadidah, volume air 2 kulah adalah 217 liter. Pendapat ini yang dipilih oleh KH. Drs. Moh. Rifa’i –rahimahullah- dalam kitab beliau “Risalah TUNTUNAN SHALAT LENGKAP” hlm. 14. Dan saya pribadi condong kepada pendapat ini.

4. Menurut keterangan dalam kitab Al-fiqhul Islami Wa Adillatuh karya Syaikh Dr. Wahabah Az-Zuhaili, volume air 2 kulah adalah 270 liter.

>> Referensi :

¹المنهاج القويم شرح المقدمة الحضرمية (ص: 56)
"والغسالة القليلة" المنفصلة "طاهرة" غير مطهرة "ما لم تتغير" بطعم أو لون أو ريح ولم يزد وزنها باعتبار ما يأخذه الثوب من الماء ويعطيه من الوسخ الطاهر "وقد طهر المحل" بخلاف ما إذا تغيرت أو زاد وزنها أو لم يطهر المحل فهي نجسة كالمحل؛ لأن البلل الباقي فيه بعضها والماء القليل لا يتبعض طهارة ونجاسة ولا نظر لانتقال النجاسة إليه لأن الماء قهرها فأعدمها فعلم أنها كالمحل مطلقًا فحيث حكم بطهارته حكم بطهارتها وحيث لا فلا،

¹مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج (1/ 242)
(وَالْأَظْهَرُ طَهَارَةُ غُسَالَةٍ) قَلِيلَةٍ (تَنْفَصِلُ بِلَا تَغَيُّرٍ وَقَدْ طَهُرَ الْمَحَلُّ) ؛ لِأَنَّ الْبَلَلَ الْبَاقِيَ عَلَى الْمَحَلِّ هُوَ بَعْضُ الْمُنْفَصِلِ، فَلَوْ كَانَ الْمُنْفَصِلُ نَجِسًا لَكَانَ الْمَحَلُّ كَذَلِكَ فَيَكُونُ الْمُنْفَصِلُ طَاهِرًا لَا طَهُورًا؛ لِأَنَّهُ مُسْتَعْمَلٌ فِي خَبَثٍ. وَالثَّانِي: أَنَّهَا نَجِسَةٌ لِانْتِقَالِ الْمَنْعِ إلَيْهَا، فَإِنْ انْفَصَلَتْ مُتَغَيِّرَةً أَوْ غَيْرَ مُتَغَيِّرَةٍ، وَلَمْ يَطْهُرْ الْمَحَلُّ فَنَجِسَةٌ قَطْعًا، وَزِيَادَةُ وَزْنِهَا بَعْدَ اعْتِبَارِ مَا يَأْخُذُهُ الْمَحَلُّ مِنْ الْمَاءِ وَيُعْطِيهِ مِنْ الْوَسَخِ الطَّاهِرِ كَالتَّغَيُّرِ، وَيُحْكَمُ بِنَجَاسَةِ الْمَحَلِّ فِيمَا إذَا انْفَصَلَتْ مُتَغَيِّرَةً أَوْ زَائِدَةَ الْوَزْنِ؛ لِأَنَّ الْبَلَلَ الْبَاقِيَ عَلَى الْمَحَلِّ هُوَ بَعْضُ مَا انْفَصَلَ كَمَا مَرَّ. أَمَّا الْكَثِيرَةُ فَطَاهِرَةٌ مَا لَمْ تَتَغَيَّرْ، وَإِنْ لَمْ يَطْهُرْ الْمَحَلُّ كَمَا عُلِمَ مِمَّا مَرَّ فِي بَابِ الطَّهَارَةِ.

¹الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي (1/ 343)
أن الغُسَالة القليلة المنفصلة طاهرة غير مطهرة، ما لم تتغير بطعم أو لون أو ريح، ولم يزد وزنها، بعد اعتبار ما يأخذه الثوب من الماء، ويعطيه من الوسخ الطاهر، وقد حل المحل.
أما إذا تغيرت أو زاد وزنها، أو لم يطهر المحل، فهي نجسة كالمحل. وبه يتبين أن الغُسَالة كالمحل مطلقاً، فحيث حكم بطهارته، حكم بطهارتها، وحيث لا، فلا.


Abdullah Al Jirani
30 Januari pukul 9.01 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.