Ukhtiy, Peliharalah Sholatmu !!

Ukhtiy, Peliharalah Sholatmu ! - Kajian Medina
[Baca Ulang] Ukhtiy..Peliharalah Sholatmu !!

Al-Imam Adz-Dzahabiy menyebutkan sebuah kisah dalam Kitabnya "Al-Kabair",beliau berkata :

"Bahwa ada seorang dari salaf turut menguburkan jenazah saudari perempuannya yang meninggal,tanpa ia sadari sebuah kantong yg berisi uang yang ia bawa jatuh dan ikut terkubur,Begitu pula dengan mereka yang hadir,tak satu pun menyadarinya,sepulang dari menguburkan ia baru tersadar bahwa kantong uangnya ikut tertanam dikubur saudari perempuannya.

Maka ia kembali ke maqam saudarinya,ketika semua orang telah pulang ke tempat masing-masing ia bongkar kembali maqam saudarinya tersebut.

Ketika ia sedang membongkar tanah kubur adiknya (sambil mencari kantong berisi uang) ia pun terkejut,sebab dia melihat ada api yang menyala-nyala dari dalam maqam saudarinya,serta merta ia kembalikan tanah galian,dan pulang sambil bercucuram air mata,lalu ia bertanya kepada ibunya :

“Duhai Ibunda,apakah gerangan yang telah dilakukan oleh saudari perempuanku?

Sang bunda balik bertanya : “Mengapa kau menanyakan itu wahai Anakku? ”Ia pun menjawab, “Bunda, sungguh aku melihat kubur saudariku dipenuhi kobaran api.” Lalu bundanya menangis dan berkata :

"كانت أختك تتهاون بالصلاة,وتؤخرها عن وقتها"

“Dulu saudari perempuanmu terbiasa meremehkan sholat serta mengakhirkan shalat dari waktunya. (Ibnul Jauzi juga pernah menyebutkan kisah ini dalam kitab Al-Muqliq)

Naudzubillah,hal ini sering dilakukan oleh saudari-saudari kita dirumah,ini adalah balasan bagi orang yang meremehkan sholatnya,lalu bagaimana balasan bagi orang yang meninggalkan sholatnya ?

Allah Azza Wajalla berfirman :

"مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ * قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ"

"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka) ? Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat (Q.S Al-Mudatstsir : 42 - 43)

Jadi balasan bagi orang yang meninggalkan sholat adalah neraka saqor,ini umum bagi siapa saja yg meninggalkan sholat,baik itu lelaki maupun wanita".Wallahu A'lam.

Mudahan-mudahan bermanfaat,hendaknya setiap kita bisa mengambil pelajaran dari peringatan dalam ayat ini serta terus memperbaiki amalan sholat kita.

Barakallahu fiikum

Oleh : Faruq Sinambela Ad-Dammuniy (Ghofarollahu Lahu Waliwaalidaihi)

_______________________
Note : Imam Adz-Dzahabiy menceritakan kisah ini tanpa menyebut sanad,beliau hanya mengatakan klo kisah itu didapat dari sebahagian salaf,sehingga tdk bisa menghukumi riwayat ini,namun marwiyyat seperti ini banyak didalam bab At-Targhiib Wat Tarhiib,namun terlepas dari Tash hiih dan Tadh'ifnya tetap banyak kita dapatkan ayat dan hadits yg menjelaskan tentang siksaan bagi orang yang meremehkan dan melalaikan sholat,sehingga harus tetap hati-hati.

Faruq Sinambela
24 Desember pukul 09.49 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.