Sikap Salafi Garis Lurus Terhadap Buku “37 Masalah Populer” Karya Ustad Abdul Somad,Lc.MA.

Sikap Salafi Garis Lurus Terhadap Buku “37 Masalah Populer” Karya Ustad Abdul Somad,Lc.MA.
Setelah kita membaca buku ini, kita menyimpulkan isinya seperti kompilasi debat antara kalangan yang menamakan dirinya “Aswaja” Versus kalangan yang menyebut dirinya “Salafi” yang sekian lama terjadi di dunia internet. Tampak sekali kesungguhan Ustadz Abdul Somad dalam mengumpulkan materi diskusi itu. Bisa dianggap isi buku itu seperti “kumpulan dalil amal Muslimin di Nusantara” (baik yang syafi’iyyah maupun yang hanabilah).


Kekurangan tetap ada -karena tak ada buku/kitab yang sempurna dan maha benar kecuali AL-QUR’AN-. tetapi buku Ustad Abdul Somad ini bisa dianggap sebagai dalil-dalil ilmiah dalam mendukung pemahaman yang ada. Paling tidak, “ada sejumlah dalil” sebagai sandaran amal.

Bagi orang yang “tidak biasa berbeda pendapat” buku seperti ini sulit diterima. Namun bagi yang berwawasan luas (bi idznillah), buku ini bermanfaat untuk semakin mendewasakan sikap. Apakah ada niat membuat bantahan..? Tidaaak. Ini adalah ranah beda pendapat yang sudah tua umurnya. bahkan lebih tua dari umur kita. Perbedaan begini amat sangat kita hargai, meskipun kita tidak berdiri di atas pendapat itu.

Wallahu A’lam Bis Shawab.

Sumber : https://www.facebook.com/Ustadz-Maaher-At-Thuwailibi-204982493424283/

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.