Ketika Ruwaibidhoh Berfatwa - 20200917

Ketika Ruwaibidhoh Berfatwa - 20200917 - Kajian Medina
๐Š๐ž๐ญ๐ข๐ค๐š ๐‘๐ฎ๐ฐ๐š๐ข๐›๐ข๐๐ก๐จ๐ก ๐๐ž๐ซ๐Ÿ๐š๐ญ๐ฐ๐š – ๐”๐ฉ๐๐š๐ญ๐ž ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐ŸŽ๐ŸŽ๐Ÿ—๐Ÿ๐Ÿ•

Koped-24 mempermasalahkan keuntungan dari JasTip Luar Negeri yang dianggapnya berlebihan. Hal ini sangat aneh, karena ada Koped-24 yang tetiba menjadi mufti berfatwa bahwa dalam Islรขm tentang tidak boleh mengambil keuntungan 2x lipat.

Peeed… Koped-24…

⁉️ Sejak kapan ada pembatasan profit margin di dalam Syari‘at…???

Ayo tunjukkan dalรฎlnya kalau memang ada…?!?

Yang ada justru kisah ini, wahai Koped…

๐Ÿ“Œ Diriwayatkan oleh ‘Urwah ibn Abรฎl-Ja‘ad al-Bรขriqiy ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡:

ุฃَุนْุทَุงู‡ُ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ๏ทบ ุฏِูŠู†َุงุฑًุง ูŠَุดْุชَุฑِูŠ ุจِู‡ِ ุฃُุถْุญِูŠَุฉً ุฃَูˆْ ุดَุงุฉً ูَุงุดْุชَุฑَู‰ ุดَุงุชَูŠْู†ِ ูَุจَุงุนَ ุฅِุญْุฏَุงู‡ُู…َุง ุจِุฏِูŠู†َุงุฑٍ ูَุฃَุชَุงู‡ُ ุจِุดَุงุฉٍ ูˆَุฏِูŠู†َุงุฑٍ ูَุฏَุนَุง ู„َู‡ُ ุจِุงู„ْุจَุฑَูƒَุฉِ ูِูŠ ุจَูŠْุนِู‡ِ ูَูƒَุงู†َ ู„َูˆِ ุงุดْุชَุฑَู‰ ุชُุฑَุงุจًุง ู„َุฑَุจِุญَ ูِูŠู‡ِ

(arti) _“Baginda Nabรฎ ๏ทบ pernah memberikannya uang satu Dinar agar dibelikan satu ekor hewan qurban atau ekor kambing. Kemudian ia (dengan uang satu dinar) itu membelikan dua ekor kambing lalu menjual salah satunya dengan harga satu Dinar. Kemudian ia kembali kepada Baginda Nabรฎ dengan membawa seekor kambing dan satu Dinar. Kemudian Baginda Nabรฎ ๏ทบ mendo'akannya agar mendapatkan keberkahan di dalam jual belinya. Ia apabila membeli tanah, niscaya mendapatkan keuntungan.”_ [HR al-Bukhรดrรฎ no 3642, 3643; Abรป Dรขwud no 3384, 3385; Ibnu Mรขjah no 2402].

⚠ Perhatikan: profit margin 100% dan bukan pulak uangnya sendiri serta bukan pulak yang diperintahkan…!!!

Ped… kalian itu buta soal agama, ‘aqรฎdah kalian saja rusak dengan menyembah pengkhianat …?!?

❌ Tidak usah lah sok-sok berbicara tentang halรขl-harรดm kalau kalian tidak punya ‘ilmunya…!

Takutlah akan ancaman Allรดh ๏ทป‎ atas perbuatan demikian.

๐Ÿ“Œ Kata Allรดh ๏ทป‎ di dalam firman-Nya:

ูˆَู„َุง ุชَู‚ُูˆู„ُูˆุง ู„ِู…َุง ุชَุตِูُ ุฃَู„ْุณِู†َุชُูƒُู…ُ ุงู„ْูƒَุฐِุจَ ู‡َٰุฐَุง ุญَู„َุงู„ٌ ูˆَู‡َٰุฐَุง ุญَุฑَุงู…ٌ ู„ِّุชَูْุชَุฑُูˆุง ุนَู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ْูƒَุฐِุจَ ุฅِู†َّ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠَูْุชَุฑُูˆู†َ ุนَู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ْูƒَุฐِุจَ ู„َุง ูŠُูْู„ِุญُูˆู†َ

(arti) _“Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta "ini halรขl dan ini harรดm" untuk mengada-adakan kedustaan terhadap Allรดh. Sungguh-sungguh orang-orang yang mengada-adakan kedustaan terhadap Allรดh tidak akan pernah beruntung!”_ [QS an-Nahl (16) ayat 116].

Ketika Ruwaibidhoh Berfatwa - 20200917 - Kajian Medina

Arsyad Syahrial bersama Gilang Kazuya Shimura Juliansyah dan Arrum.

17 September 2020· 

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.