Antara Salaf dan Salafi Kadang Berbeda

Antara Salaf dan Salafi Kadang Berbeda - Kajian Medina
Antara salaf dan salafi kadang berbeda lho.

Di satu sisi Lajnah Saimah Saudi yang dipimpin Syaikh Bin Baz yang mewakili salafi menyatakan bahwa istighotsah (meminta tolong atau bantuan) malaikat untuk menarik suatu manfaat atau menolak suatu mudharat adalah syirk besar yang mengeluarkan pelakunya dari agama Islam. 

Di sisi lain Al Albani meriwayatkan dengan sanad shohih bahwa Imam Ahmad bin Hambal  yang mewakili salaf diriwayatkan putra beliau pernah meminta bantuan malaikat saat tersesat di jalan menuju Makkah. 

Antara salafi yang menghukumi syirk besar dan Imam Ahmad yang salaf dan  mengamalkannya dalam hal ini ada perbedaan besar. Apakah Imam Ahmad tak mengerti prinsip prinsip tauhid ?. Ataukah Imam Ahmad akan dihukumi melakukan syirk besar ?. Ataukah seperti biasa jawaban yang diberikan akan ngambang dan mengaburkan masalah : seperti kita hanya ikut dalil, ulama' bisa salah, kita hanya ikut Nabi dll. ?

Masalah utama sebenarnya terletak pada pemahaman tentang hukum meminta tolong pada selain Allah. Salafi menganggap minta tolong sebagai bagian dari penyembahan, sementara mayoritas ulama' menganggapnya bukan penyembahan, kecuali jika meyakini bahwa yang dimintai tolong bisa memberi bantuan dengan mandiri tanpa izin dan kehendak dari Allah SWT.

Antara Salaf dan Salafi Kadang Berbeda - Kajian Medina

Antara Salaf dan Salafi Kadang Berbeda - Kajian Medina

Ahmad Halimy

25 Agustus 2020 pada 08.32  · 

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.