Doa Berjama’ah Menurut Syaikh bin Baz

Doa Berjama’ah Menurut Syaikh bin Baz - Kajian Medina
Doa berjama’ah menurut Syaikh bin Baz

Saat ditanya tentang do’a secara berjama’ah, maka dalam “Majmu’ Fatawa” (17/274) Syaikh Abdul Aziz bin Baz –rahimahullah- menjawab :

أما الدعاء الجماعي فلا أعلم له أصلا والأحوط تركه؛ لأنه لم ينقل عن النبي صلى الله عليه وسلم، ولا عن أصحابه رضي الله عنهم فيما علمت، لكن لو دعا إنسان في جماعة وأمنوا على دعائه فلا بأس في ذلك، كما في دعاء القنوت ودعاء ختم القرآن الكريم ودعاء الاستسقاء ونحو ذلك.

“Adapun doa secara berjama’ah, maka aku tidak mengetahui hal itu memiliki asal (dari syari’at). Lebih aman hal ini ditinggalkan, karena sepengetahuanku, hal itu belum pernah dinukil dari Nabi dan juga para sahabatnya. Akan tetapi jika seorang berdo’a di jama’ah (kumpulan orang) lalu mereka mengaminkan terhadap doanya, maka hal itu “tidak mengapa/boleh”. Sebagaimana dalam do’a Qunut, do’a khataman Al-Qur’an Al-Karim, do’a istisqa’ (minta hujan), dan yang semisal dengan hal itu.” – selesai penukilan -

Ternyata beliau cukup longgar serta tidak melarang (baca : membid’ahkan) secara mutlak dalam masalah ini, meski tidak ada contohnya dari Nabi ﷺ dan para sahabat. Ini pendapat beliau. Bagaimana dengan anda ? Setujukah anda dengan pendapat beliau ? Kalau saya pribadi sih....

Semoga Allah merahmati syaikh bin Baz dengan rahmat-Nya yang luas, dan meninggikan derajat beliau di Surga-Nya. Amin...

_@Abdullah Al-Jirani

Abdullah Al Jirani
10 Oktober pukul 16.29 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.