Sunnah Nabi SAW Bukan Poligami

Sunnah Nabi SAW Bukan Poligami - Kajian Medina
Sunnah Nabi SAW Bukan Poligami

by. Ahmad Sarwat, Lc.MA

Banyak yang menyunnahkan poligami, karena menurutnya Nabi SAW berpoligami.

Padahal menurut saya sunnah Nabi SAW bukan berpoligami. Karena Beliau SAW itu beristri 11 orang menurut riwayat yang masyhur. Jadi baru dibilang sunnah kalau istrinya ada 11 orang.

Lha emangnya beda?

Beda jauh. Sekedar punya 1 lagi istri tambahan, sudah bisa disebut poligami. Tapi beristri cuma 2 oranf mah jelas-jelas bukan sunnah Nabi.

Yang sunnah Nabi itu kalau istrinya 11 orang. Sunnah itu kan semua perkataan dan perbuatan Nabi. Faktanya Nabi SAW bukan hanya menikah dengan 2 istri tapi 11 istri.

Kalau baru punya istri 2,3 atau 4, belum seperti Nabi. Jadi belum sesuai sunnah. Jangan bangga dulu. Mendekati saja pun belum. Tunggu kalau anda sudah beristri 7,8, atau 9 orang, baru bolehlah ngaku sudah mendekati sunnah. Tapi tetap saja belum sesuai sunnah. Angkanya belum mencukupi.

Punya istri 11 dulu, baru boleh ngaku-ngaku sudah menjalankan sunnah Nabi.

Tapi punya istri 11 jelas haram hukumnya. Ini adalah contoh bagaimana sunnah nabi tapi hukumnya haram. Tidak semua perbuatan Nabi wajib dikerjakan, ada yang wajib, tapi ada juga yang sunnah, bahkan ada yang mubah, makruh sampai haram.

Sunnah Nabi tapi haram, ya punya istri sebanyak istri Nabi.

Ahmad Sarwat
19 Juli pukul 07.10 ·

Komentar : 

Eternity Abdee : benci poligami om

Ahmad Sarwat : tidak ada kalimat yang bernada membenci poligam. Cuma meluruskan saja bahwa Nabi SAW bukan hanya punya istri 2,3 atau 4. Beliau beristri 11 orang. Kalau mau ngaku sunnah, jangan baru punya istri 3 doang, 11 dong harusnya.

Eternity Abdee : Ahmad Sarwat nabi taraweh rmdn 3hari. kita trweh 30 hari. bkn sunah donk :)

Ahmad Sarwat : Mohon bedakan sunnah dalam Ilmu Ushul Fiqih dan Ilmu Fiqih. Tarawih itu ibadah yang hukumnya sunnah secara ilmu fiqih. Dan bukan sunnah dalam arti Nabi SAW hanya mengerjakan tiga hari saja lalu meninggalkannya.
Lalu dihidupkan kembali tarawih berjamaah mulai masa Umar sampai hari ini. Hukumnya sunnah, meski Nabi SAW di masanya hanya melakukannya 3 kali saja.

Imra Ilyas : Yang boleh di benci itu ... kalau nggak adil dengan isteri, atau yang tidak bertanggung jawab thd isteri dan keluarga ... Kalau poligami nya jangan di benci ...😀

Daday Rahmat Hidayat S : Mengapa harus benci poligami?
Hanya saja yg poligami, sering mengaku ikut sunah Nabi, padahal poligami itu halal jika sesuai persyaratannya. Silakan saja poligami bagi yg minat.

Suryandi Temala Sip : Mungkin maksud nya punya istri bersamaan hingga 9 orang ustadz...
Krn kl istri nya 11 tapi sudah ada yg meninggal atau cerai tentu tak masalah.
Tapi pasti ruaarrr biasssaaa 🤣

Ahmad Sarwat : Suryandi Temala Sip betul kiyai. Khadijah sudah wafat duluan. Jadi kalau menghitungnya pas Nabi wafar memang ada 9
توفي النبي صلى الله عليه وسلم عن تسع نسوة

Suryandi Temala Sip : Ahmad Sarwat صحيح أستاذ

Daday Rahmat Hidayat S : Jadi jumlahnya 9 istri sesuai 2+3+4 = 9 .

Suryandi Temala Sip : Daday Rahmat Hidayat S 😂😂😂🤣🤣🤣🤣 bisa bisa....

Rafiq Masyhuri : Ya Alloh ustd sy baru sdr skrng,, ada sunah nabi tp klo kita lakukan jd haram,,,

Esu-han Purwoko : jadi apa statusnya beristri 2, 3, 4 itu Ustadz kalo bukan sunnah Nabi?

Suryandi Temala Sip : Esu-han Purwoko sunnah sahabat 🤣

Ahmad Sarwat : status hukumnya halal, sedangkan sunnah bukan nama status hukum, sebagaimana juga bid'ah, bukan status hukum.
Sunnah menurut Ilmu Ushul Fiqih adalah segala yang Nabi SAW ucapkan, lakukan dan diamkan.
Sunnah menurut Ilmu Fiqih adalah ibadah yang kalau dikerjakan mendatangkan pahala dan kalau ditinggalkan tidak berdosa.

Eternity Abdee : nah mantaf. halal kok jdi ribet ya hehehe

Daday Rahmat Hidayat S : Mengapa ribet untuk poligami?
Silakan poligami karena poligami halal namun tidak perlu juga bilang ikut sunah Nabi saat melakukannya. Karena tidak semua "sunah" Nabi itu sunah saat melakukannya.

Ahmad Sarwat : Puasa wishal adalah contoh lain tentang sunnah yang haram kita lakukan. Dikatakan sunnah karena merupakan perbuatan Nabi SAW. Shahih haditsnya tapi haram hukumnya untuk kita.Ketika Allah SWT menikahkan Nabi SAW dengan Zainab binti Jahsy, hitungannya termasuk sunnah nabi juga. Padahal pernikahan itu tanpa wali, tanpa saksi, tanpa ijab kabul dari pihak wali dan pengantin laki-laki, bahkan juga tanpa dihadiri dua orang saksi yang adil.
Kalau kita yang menikah kayak gitu hukumnya HARAM, padahal itu sunnah (dikerjakan) oleh Nabi SAW

Imra Ilyas : Tambahan aja ... Kalau ngikutin sunah nabi full untuk poligami, isteri pertama harus meninggal dunia dulu, nunggu beberapa tahun, terus menikah lagi ... baru poligami ... isteri ke 3, 4 dst ... 😀😀😀

Imra Ilyas : Satu lagi Sunnah nabi tentang poligami ... isteri nabi yang dipoligami rata rata sudah tua dan banyak anak, tujuannya untuk melindungi anak yatim, cuma satu yang gadis isteri nabi waktu dinikahi, yaitu Aisyah, itupun untuk kepentingan agama ... Nah, poligami masa kini, motivasi nya karena apa ?

Achmad Faiz Sahly : Intinya adalah bahwa yang dikerjakan Nabi - tidak bisa langsung diikuti - harus tetap mengikuti dalil yang memerintahkan..

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.