300 Tahun Ditambah Lagi 9 Tahun

300 Tahun Ditambah Lagi 9 Tahun - Kajian Medina
300 Tahun Ditambah Lagi 9 Tahun

Kisah tidurnya ashabul kahfi cukup unik disebutkan dalam Al-Quran, yaitu 300 tahun ditambah 9 tahun. Kenapa tidak disebut langsung 309 tahun saja? Ada apa gerangan?

Ada banyak versi tafsirannya, tapi satu yang unik dan cukup modern menyebutkan ada tersiratnya selisih perhitungan jumlah hari berdasarkan sistem kalender syamsiyah dan qamariyah.

Kalender syamsiyah mendasarkannya perhitungannya pada matahari, yaitu gerakan bumi mengelilingi matahari satu kali putaran sebanyak 365 dan 1/4 hari. Untuk urusan shalat lima waktu, kita mengandalkan posisi matahari. Zawalusy-syamsi untuk waktu Zhuhur, terbenamnya matahari untuk Maghrib dan terbitnya fajar untuk shalat Shubuh.

Sedangkan kalender qamariyah mendasarkan perhitungannya berdasarkan bulan yang mengelilingi bumi satu kali putaran selama 29 atau 30 hari. Untuk urusan puasa Ramadhan, Idul Fithr, Idul Adha, 10 Muharram dan ritual ibadah lainnya, kita juga menggunakan posisi bulan. Pada dasarnya kedua sistem kalender itu dipakai dalam urusan peribadatan, tergantung jenis ibadahnya.

Namun kalau menghitung jumlah hari dalam setahun, maka hitungan satu tahun syamsiyah lebih lama dari hitungan satu tahun qamariyah, yaitu antara 10-11 hari.

Kembali ke kisah tidurnya pemuda di dalam gua, mereka merasakan hanya sebentar saja, sehari atau beberapa hari.

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَاهُمْ لِيَتَسَاءَلُوا بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَائِلٌ مِنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ ۚ قَالُوا رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ

Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)". Mereka menjawab: "Kita berada (disini) sehari atau setengah hari". Berkata (yang lain lagi): "Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada disini. (QS. Al-Kahfi : 19)

Dugaan mereka meleset jauh, ternyata mereka tidur ratusan tahun lamanya. Dalam Al-Quran disebutkan angka 300 tahun lalu ditambah 9 tahun lagi.

وَلَبِثُوا فِي كَهْفِهِمْ ثَلَاثَ مِائَةٍ سِنِينَ وَازْدَادُوا تِسْعًا

Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi). (QS. Al-Kahfi : 25)

Dalam tafsir ini terdapat isyarat sistem perhitungan syamsiyah dan qamariyah. Jadi mereka tidur selama 300 tahun menurut perhitungan kalender syamsiyah. Dan menurut kalender qamariyah, mereka tidur selama 300 tahun ditambah 9 tahun.

Rupanya selama 300 tahun, selisih antara kedua sistem kalender itu sampai 9 tahun bedanya. Wallahu a'lam bishshawab.

Ahmad Sarwat, Lc.,MA

Sumber :

Tafsir Ilmi - Mengenal Ayat-ayat Sains dalam Al-Quran (Hasil Kolaborasi Para Ulama dan Para Pakar Sains) vol. 7 : Penciptaaan Jagad Raya Dalam Perspektif Al-Quran dan Sains - hal. 100

Ahmad Sarwat
25 April pukul 05.37 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.