Jangan Bosan Memberi

Jangan Bosan Memberi - Kajian Medina
Jangan Bosan Memberi

Allah berfirman:

وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ

(Adh-Dhāriyāt: 19) - "Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian."

ﻭﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ -: " «ﺇﻥ ﻟﻠﻪ ﺃﻗﻮاﻣﺎ اﺧﺘﺼﻬﻢ ﺑﺎﻟﻨﻌﻢ ﻟﻤﻨﺎﻓﻊ اﻟﻌﺒﺎﺩ، ﻳﻘﺮﻫﻢ ﻓﻴﻬﺎ ﻣﺎ ﺑﺬﻟﻮﻫﺎ، ﻓﺈﺫا ﻣﻨﻌﻮﻫﺎ ﻧﺰﻋﻬﺎ ﻣﻨﻬﻢ ﻓﺤﻮﻟﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﻏﻴﺮﻫﻢ» ".

Dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Sungguh diantara makhluk Allah ada yang Ia khususkan dengan berbagai nikmat untuk kemanfaatan hamba. Allah berikan nikmat itu kepada mereka selama mereka menyalurkan nikmat tersebut. Jika mereka tidak mau menyalurkannya maka Allah cabut nikmat itu dan Allah gantikan kepada orang lain"

ﺭﻭاﻩ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ ﻓﻲ اﻷﻭﺳﻂ ﻭاﻟﻜﺒﻴﺮ

HR Thabrani dalam Al-Ausath dan Al-Kabir

Al-Hafidz Al-Haitsami memberikan beberapa penilaian terhadap beberapa hadis yang semakna dengan hadis di atas, ada yang Hasan dan ada pula yang dlaif.


Ma'ruf Khozin
10 April pukul 08.18 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.