Kubu-Kubuan

Kubu-Kubuan - Kajian Medina
KUBU-KUBUAN

Ini yang di Indonesia, belum di luar negeri ya.

Katanya, Aswaja ada beberapa kubu di negeri ini. Salafi juga sama. Bedanya Aswaja kelompok besar, Salafi belum besar.

Katanya, ada Aswaja versi Kyai Said Aqil Siradj, ada Aswaja versi Kyai Idrus Ramli, Kyai Luthfi Bashari, atau mungkin versi lainnya? Entahlah.

Katanya, Salafi juga ada versi Ustadz Yazid atau Ustadz Hakim Abdat, ada juga Versi Ustadz Dzulqarnain, ada juga versi Ustadz Luqman Baabduh, atau Versi Wahdah Islamiah, Atau berdasarkan Radio, atau ada versi lainnya? Entahlah.

Perbedaannya silakan cari sendiri. Persamaannya: ideologinya sama. Sama-sama mengklaim pengikut Ahlus sunnah wal Jama'ah.

Btw, IM ada kubu-kubunya juga ngga?

Jadi, biar yang baru mengenal dunia pengajian ini tidak kaku dan kaget bahwa di manapun dia ngaji, bisa jadi akan ada saja kubu-kubunya. Jangankan kelompok yang jumlahnya besar, yang belum besar saja ada kubu-kubunya. Yang tercela, setiap kubu merasa bangga dengan apa yang ada pada kubunya. Atau bahkan saling cakar-cakaran di antara mereka, atau mungkin ada yang saling membidahkan atau menyesatkan? Entahlah.

Salam damai para kubu!

Robi Maulana Saifullah
5 Maret pukul 13.58 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.