Nashirus Sunnah

Nashirus Sunnah - Kajian Medina
Nashirus Sunnah

Minimal, ada 3 sebab mengapa Al-Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi'i dijuluki sebagai Penolong/Pembela Sunnah :

1. Beliau membantah argumen kelompok yang mengatakan bahwa hukum-hukum Allah cukup diambil dari Al-Qur'an saja. Seperti Qur'aniyyun.
Maka Al-Imam menjelaskan kedudukan dan fungsi Sunnah secara jelas.

2. Beliau membantah argumen kelompok yang mengatakan kami tidak mengamalkan hadits Ahad. Terutama dari kalangan Hanafiyah yang sangat ketat dalam menerima hadis Ahad sebagai salah satu dalil untuk menetapkan hukum.
Maka beliau jelaskan alasan-alasan mengapa hadis Ahad boleh dan bisa diamalkan dan dijadikan sebagai sandaran hukum.

3. Beliau membantah argumen kelompok yang mengatakan bahwa Sunnah tidak punya kewenangan untuk berindependen dalam menetapkan suatu hukum. Padahal ada beberapa hukum-hukum yang hanya dari Sunnah saja kewajiban atau keharamannya. Seperti, haramnya makan keledai, haramnya makan hewan buas bertaring, terlarangnya wanita yang ditinggal mati suaminya untuk berdandan (al-ihdad), wajibnya Al-fatihah dalam shalat dan wajibnya tumakninah dalam shalat.

Beliau jelaskan itu di dalam Kitab Ar-Risalah.
رحم الله الإمام الشافعي ورضي عنه


Andang Supriana
Kemarin pukul 01.51 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.