Mazhab Fiqh Ahli Hadits Yang Mana?

Mazhab Fiqh Ahli Hadits Yang Mana? - Kajian Medina
Katanya Mazhab Fiqh ahli hadits berbeda dengan Mazhab Fiqh Mazhabi (Abu Hanifah, Malik, Syafi'i, dan Ahmad). Tidak mau terikat pada mazhab dan seterusnya. Seolah yang paling paham tentang isi Al-Qur'ān dan Hadīts.

Saya khawatir bukan Mazhab Ahli Hadits, namun Mazhab Zhahiri yang kerap kali menyelisihi jumhur ulama terutama imam yang empat. Yang bahkan Imam Nawawi tak memperhitungkannya baik dalam kitab-kitabnya maupun ketika menukil Ijmā' ulama.

Mazhab Fiqh Ahli Hadits itu siapa? Wong Amirul mukminin fil hadits saja pendiri Mazhab Fiqh. Imam Syafi'i ahli hadits bahkan dijuluki Nāshirus Sunnah. Imam Malik ahli hadits demikian juga imam Ahmad ahli hadits juga. Imam-imam setelahnya dari kalangan ahli hadits pun bermazhab di antara empat Mazhab itu. Butuh pada metodologi mazhab tersebut. Tidak menciptakan metodologi sendiri. Bahkan sekelas Ahli Hadits yang bernama Imam Baihaqi yang menurut Imam Dzahabi beliau bisa menciptakan Mazhab sendiri pun, beliau tetap berpegang pada metodologi Mazhab Syafi'i.

So, mazhab fiqh ahli hadits yang mana? Wong ahli hadits di masa salafush shalih saja butuh pada imam fikih. Simak tulisan di bawah ini:

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1171150993037903&id=100004290395265


Robi Maulana Saifullah membagikan kiriman.
1 jam ·

baca juga Ahli Fikih

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.