Mengapa Tidak Ada Ulama Hadits yang Memuji Imam Muhammad bin Hasan asy-Syaibani?

Mengapa Tidak Ada Ulama Hadits yang Memuji Imam Muhammad bin Hasan asy-Syaibani? 

Mengapa Tidak Ada Ulama Hadits yang Memuji Imam Muhammad bin Hasan asy-Syaibani? - Kajian Medina

Beliau adalah murid terdekat Imam Abu Hanifah, tetapi dibenci dan diingkari oleh kalangan ahli hadits. Penyebabnya hanya sepele, yaitu tindakan beliau yang menulis kitab fikih tanpa mencantumkan hadits atau atsar. Sebelum itu, sebagaimana tradisi ulama', setiap kali menulis thema fikih selalu dicantumkan hadits dan atsar shahabat. Dan dalam hal ini, beliau adalah ulama yang pertama kali melakukannya dan kemudian diikuti oleh ulama'-ulama' madzhab empat hingga sekarang. Dan beliau sendiri adalah mujtahid besar yang diakui keilmuan dan kepakaran haditsnya. Bahkan Imam asy Syafi'i pernah berkata tentangnya: "Saat Imam Muhammad bin Hasan asy Syaibani berbicara, maka seakan-akan wahyu sedang turun". Oleh karena itu, al Kasymiri berkata: "Hanya ulama hadits yang faham fikih saja yang dapat melihat kepakaran Imam Muhammad bin Hasan asy Syaibani".

[Status 2017 post ulang]

Hidayat Nur

20 September 2020 pada 09.17  · 

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.