Tahapan Sikap Seorang Mukmin Dalam Menghadapi Potensi Musibah / Kerugian

Tahapan Sikap Seorang Mukmin Dalam Menghadapi Potensi Musibah / Kerugian - Kajian Medina
TAHAPAN SIKAP SEORANG MUKMIN DALAM MENGHADAPI POTENSI MUSIBAH/KERUGIAN

Pertama, harus ikhtiyar menjauhi bahaya dan lalu ikhtiyar untuk mendatangkan manfaat. Ikhtiyar ini adalah kewajiban yang tak bisa ditawar dan urutannya harus diperhatikan dengan dimulai dari menjauhi bahaya terlebih dahulu.

Kedua, setelah ikhtiyar dilakukan barulah kemudian bertawakkal pada Allah sebab Allah adalah penentu akhir segala kejadian. Bila belum ikhtiyar, maka tak relevan membahas tawakkal.

Ketiga, tawakkal akan membuahkan penerimaan pada seluruh Qadla dan Qadar Allah, baik yang terasa nikmat atau tidak. Inilah tujuan terakhir yang harus dicapai seluruh mukmin dan menjadi salah satu rukun iman baginya.

Ketiga tahap ini sifatnya berjenjang, tak bisa langsung lompat ke tahap terakhir.

Abdul Wahab Ahmad
23 Maret 2020 (51 menit ·)

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.