Abdul Wahab Ahmad
28 Februari pukul 16.56 ·
Syuruh hadits atau kutub fiqh?
عند البحث عن حكم شرعي فهل الطريقة الصحيحة التوجه الى كتب الحديث وشروحها أم التوجه الى كتب الفقهاء؟
Dalam membahas hukum syar'i, manakah cara yang benar: Dengan menggunakan referensi kitab-kitab hadis beserta syuruhnya atau dengan menggunakan kitab-kitab fuqaha?
الجواب:
Jawab:
الأحكام الفقهية مرجعها للفقهاء .. ولا تؤخذ من كتب التفسير أو الحديث، وليس المقصود بكتب شروح الحديث استيعاب الحكم الفقهي بشروطه وأركانه وسننه ومكروهاته ومحرماته ومبطلاته واستثناءاته .. وليس ذلك مقصود المؤلف في التفسير أو شرح الحديث ولو كان الشارح فقيها كالنووي في شرح مسلم ..
Hukum-hukum fiqh itu referensinya ya fuqaha. Tidak diambil dari kitab-kitab tafsir maupun hadis. Toh, maksud penulisan kitab-kitab syuruh hadis itu bukanlah mangakomodasi hukum fiqh dengan (misalnya:meliputi) syarat, rukun, sunnah, makruh, haram, pembatal, dan pengecualiannya. Dan hal demikian itu bukanlah maksud penulis tafsir atau pun hadis, meskipun Sang Syarih seorang faqih, seperti Imam Nawawi dalam syarah Muslim -misalnya-.
فليس ذلك مقصوده ولا همه ولا توافرت دواعي الاستيعاب .. بل مرد ذلك ومرجعه هو كتب الفقه لا كتب شروح الحديث ... وهذا ظاهر بأدنى تأمل
Karenanya, demikian itu bukanlah maksud maupun tujuannya, serta tidak ditemukan sebab-sebab (motif-motif) untuk mengakomodir.
Tetapi tempat kembali dan referensinya adalah kitab-kitab fiqh, bukan syuruh hadis. Hal ini yang eksplisit dengan refleksi minimal.
وأمر آخر رأيت من له عناية بالفقه يزلُّ فيه فضلا عمن لا عناية له بالفقه .. فيأتي إلى شرح الإمام الرافعي لحديث في مسند الشافعي، ثم يقف على قول الرافعي الحديث يفيد كذا أو يدل على كذا ... فيعتبر الناظر أن هذا هو رأي الرافعي .. وليس الأمر كذلك .. ومقصود الرافعي أن الحديث يفيد عند النظر إليه ذلك لو نُظِرَ إليه مستقلاً .. ولكن الحكم الشرعي لا يؤخذ بالنظر إلى الحديث حتى يُضَمَّ إليه النظر في سائر الأحاديث وسائر الأدلة الشرعية الأخرى
((وتُدخل جميعاً معمل الاستنباط))
وفق مصنع ((أصول الفقه))
فيكون المنتج حينئذ قد استوفى معاييره العلمية وصبغته الكمالية في النظر والفهم.
Hal yang lain, saya melihat orang yang berkecimpung dalam fiqh, bisa terjatuh dalam kesalahan, apalagi orang yang tidak berkecimpung dalam fiqh... Ia membuka syarh Imam al-Rafii karena suatu hadis yang terdapat dalam musnad Syafii, lalu ia berhenti terhadap pendapat al-Rafi'i: hadis ini berfaedah begini atau menunjukkan begitu...
Lalu, orang yang melihat ini berkesimpulan bahwa inilah pendapat al-Rafii....
Tapi, sebenarnya tidak begitu. Maksud al-Rafii adalah bahwa hadis ini berfaidah ketika diperhatikan demikian itu, seandainya diperhatikan secara independen. Akan tetapi, hukum Syar'i tidak diambil dengan cara memperhatikan hadis tersebut hingga memperhatikan seluruh hadis terkait dan dalil-dalil syar'i yang lain....
(Lalu digabungkanlah keseluruhannya itu di "workshop" istinbat) sesuai "industri" ushulfiqh, sehingga produk saat itu menepati standar ilmiah dan kemasannya sempurna baik visual maupun non-visual (baca: pemahaman).
د. سيف علي العصري
Ditulis oleh DR. Saif Ali al-Ashry
Wallahu a'lam
Nur Hasim
28 Februari pukul 08.58 ·
#Abdul Wahab Ahmad
#Nur Hasim