Bermadzhab Merupakan Jalan Mengikuti Salafussholeh

Bermadzhab Merupakan Jalan Mengikuti Salafussholeh - Kajian Medina
Bermadzhab merupakan jalan mengikuti salafussholeh

Seandainya anda melihat dan mempelajari kehidupan para ulama madzhab maka anda akan takjub dengan ketaqwaan, kezuhudan, keilmuan dan keahlian mereka dalam menerapkan dalil

Bahkan imam abu hanifah yang dituduh faqir hadits, di tuduh menolak dalil dengan akalnya, dst maka tuduhan itu akan kita pastikan sebagai tuduhan palsu karena imam abu hanifah memiliki musnad dan juga para ulama telah mempersaksikan bahwa beliau sebagai imamnya para ahli fiqh yang mana dengan persaksian ini dapat menjadi bukti bahwa beliau termasuk ahlul jannah.

Hal yang sama sering kita jumpai dimana imam ahmad disebut sebagai imam ahlussunnah dalam bab aqidah, tetapi kenapa dalam bab fiqh malah dianggap menolak hadits dalam shoheh bukhori misalnya?

Tidakkah kita pernah liat misalnya ada hadits dalam shoheh bukhori dimana dalam bab anak2 mengimami sholat berjamaah maka ketika ditamya ke imam ahmad tentang dalil ini maka beliau tidak mengamalkannya, mungkin sebagian dari penuntut ilmu akan mengatakan koq imam ahmad menolak hadits shoheh?

Tidak layak anda berpikir negatif tentang para ulama, tetapi suudzonlah pada diri anda sendiri kenapa anda gak bisa memahami sebabnya?

Imam ahmad tidak berdalil dengan hadits tersebut karena menurut imam ahmad kejadian tersebut belum sampe ke nabi dan tentu ini belum dikrarkan okeh nabi sehingga konsekuensinya beliau tidak berdalil dengan hadits itu meskipun kita lihat hadits itu ada di shoheh bukhori.

Oleh karenanya jadilah orang yang tahu diri, janganlah kita merasa telah sampai ke derajat dimana para imam belum sampai kesana, karena seakan tak mungkin hal itu terjadi dimasa kita ini.

Jadilah orang yang tahu diri, semoga Allah merahmati orang2 yang tahu diri

Silahkan disimak video ini mudah2an dapat mencerahkan

Facebook beliau https://m.facebook.com/hamzah.annahhas?fref=nf

Aboud Basyarahil
29 Desember pukul 08.19 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.