Kadar Minimal I'tikaf

Kadar Minimal I'tikaf - Kajian Medina
KADAR MINIMAL I'TIKAF

Dalam madzhab Syafi'i, lama i'tikaf tidak dibatasi oleh waktu tertentu. I'tikaf telah dianggap sah, baik sebentar atau lama, bahkan walaupun sejenak, asalkan diniatkan dan di lakukan di masjid. Karena asal makna i'tikaf sendiri dari sisi bahasa adalah "berdiam", baik sebentar atau lama, tanpa ada pembatasan. Oleh karena tidak ada pembatasan dari sisi syara', maka dikembalikan kepada makna bahasanya. Ini juga merupakan madzhab Hambali.

Imam An-Nawawi -rahimahullah- (wafat : 676 H) :

قَدْ ذَكَرْنَا أَنَّ الصَّحِيحَ الْمَشْهُورَ مِنْ مَذْهَبِنَا أَنَّهُ يَصِحُّ كَثِيرُهُ وَقَلِيلُهُ وَلَوْ لَحْظَةٌ وَهُوَ مَذْهَبُ دَاوُد وَالْمَشْهُورُ عَنْ أَحْمَدَ وَرِوَايَةٌ عَنْ أَبِي حَنِيفَةَ

"Telah kami sebutkan sebelumnya, sesungguhnya yang shahih (benar) dan masyhur dalam madzhab kami sesungguhnya i'tikaf sah baik dilakukan lama atau sebentar walaupun sejenak. Ini merupakan pendapat Dawud, yang masyhur dari imam Ahmad, dan salah satu riwayat dari imam Abu Hanifah." [ Al-Majmu' Syarhul Muhadzab : 6/491 ].

Dalam kitab "Kifayatul Akhyar" (1/208) ada tambahan penjelasan, bahwa makna "sejenak" di sini maksudnya di atas kadar minimal thuma'ninah dalam salat. Kadar minimal thuma'ninah, yaitu : berhenti sejenak dalam kondisi anggota rukuk dan sujud tenang dan stabil.

Adapun madzhab Hanafi dan Maliki berpendapaf, bahwa i'tikaf minimal sehari semalam. Jika kurang, maka tidak sah. Karena menurut mereka, i'tikaf disyaratkan harus puasa. Kami pribadi lebih condong dan ikut madzhab Syafi'i. Dan pendapat inilah yang banyak dipahami dan diamalkan masyarakat Indonesia.

Wallahu a'lam.

12 Ramadan 1440 H
Kota Nabi - KSA menuju Mekah

Abdullah Al-Jirani

Abdullah Al Jirani berada di ‎المدنية المنوره، المسجد النبوي الشريف‎.
17 Mei pukul 11.33 · Medina, Saudi Arabia ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.