Sifat Penghuni Surga

Sifat Penghuni Surga - Kajian Medina
Sifat Penghuni Surga

عن عياض بن حمار المجاشعي رضي الله عنه عن النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال : وَأَهْلُ الْجَنَّةِ ثَلَاثَةٌ ذُو سُلْطَانٍ مُقْسِطٌ مُتَصَدِّقٌ مُوَفَّقٌ وَرَجُلٌ رَحِيمٌ رَقِيقُ الْقَلْبِ لِكُلِّ ذِي قُرْبَى وَمُسْلِمٍ وَعَفِيفٌ مُتَعَفِّفٌ ذُو عِيَالٍ. رواه مسلم.

Rasulullah shallāllahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Penghuni surga ada tiga: (1) Penguasa yang adil, dermawan, lagi mendapat taufik (dari Allah), (2) Seseorang yang penyayang lagi berhati lembut kepada setiap kerabat dan orang Islam, dan (3) Seseorang yang menjaga diri lagi berusaha menjaga kehormatan meski memiliki tanggungan keluarga yang banyak.” [HR. Muslim]

Pertanyaan:

1. Sudahkah saya menjadi pemimpin yang adil, dermawan, dan mendapat Taufiq dari Allāh, dalam memimpin keluarga kita, atau bahkan dalam lingkup yang lebih besar? Semoga kita menjadi pemimpin yang adil minimal bagi keluarga kita atau semoga kita diberikan pemimpin yang adil yang akan memimpin negeri ini kelak.

2. Sudahkah saya memiliki sifat penyayang kepada sesama? Apakah hanya karena perbedaan pendapat sesama mukmin, rasa kasih sayang itu tak ada lagi dihati kita?

3. Sudahkah saya berusaha menjaga kehormatan dengan cara tidak meminta-minta atau tidak terlalu berharap belas kasih manusia?

Semoga kita semua dijadikan termasuk ahli surga. Dengan catatan, kita berusaha memiliki sifat-sifat di atas. Semoga kita dimudahkan. Aamiin.


Robi Maulana Saifullah
15 April pukul 12.53 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.