Semangat Belajar Orang Dulu

Semangat Belajar Orang Dulu - Kajian Medina
Semangat belajar orang dulu

Dikisahkan dalam Siyar a'lam an-nubala' bahwa Hisyam ibn Ammar salah satu murid imam Malik ketika bapaknya hendak mengutus Hisyam untuk menuntut ilmu menjual rumahnya seharga 10rb dinar

Setelah itu ia mengutus anaknya tadi untuk haji dan menziarahi imam Malik, yang mana Ketika itu Hisyam masih sangat kecil sehingga imam Malik bilang pergi bermain2lah dengan anak2 yang seumuran denganmu karena umurmu masih terlalu kecil untuk mendalami ilmu hadits, tetapi Hisyam ngotot gak mau pergi sampe mendengar imam Malik memberikannya hadits.

Imam Malik tetep gak mau membacakan hadits, sehingga imam Malik memanggil seorang untuk mengajarkan adab pada anak ini dengan di pukul sebanyak 15 kali pukulan.

Setelah di pukul Anak ini pun gak terima akhirnya datang ke Imam Malik sambil berkata: bapakku mengutusku ke sini dengan menjual rumahnya agar aku bisa belajar kepadamu, tetapi engkau malah memukulku?

Demi Allah aku akan berdiri kelak di hadapan Allah dan mengatakan Malik gak mau mengajarkan ilmu haditsnya padaku yaa Allah.

Imam Malik paham kalau Hisyam ini gak seperti anak kecil lainnya, maka imam pun bertanya bagaimana caraku menebus kesalahanku padamu?

Hisyam berkata tiap satu pukulan di tebus dengan satu hadits, maka Imam Malik memberikan 15 hadits sebagai tebusannya.

Setelah genap 15 hadits maka imam Malik berkata cukup? Anak ini pun berkata pukul aku lagi dan kemudian tebus lagi dengan hadits.

Dengan mengorbankan jumlah uang 10 dinar, tapi Hisyam rela di pukul yang penting dapet hadits....

Sekarang guru honorer udah gajinya cuma 300rb di suruh ngedidik anak, giliran anaknya di pukul karena gak ngerti sama omongan gurunya masuk sel, giliran murid2nya yang kurang ajar cukup dengan maaf

Nt tau 10rb dinar itu berapa? 25.500.000.000 (kurs emas 600rb)

Nol nya sebanyak itu gak banyak bertingkah, nt sekolah cuma bayar segitu tingkahnya tinggi banget🤣😂

Kalo anda jadi guru, yayasan pendidikannya gak hidup gak mati, terus murid anda gak bisa di atur baiknya pulangin ke orang tuanya aja.... Suruh didik sendiri di rumahnya😅😅

*Ketemu guru honorer yang ud lebih dari 15 taun gak diangkat, mirissss

Aboud Basyarahil
7 jam ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.