Khilaf iti justru menunjukkan bahwa ulama saja berselisih dalam memahami dalil, maka bagaimana dengan kita yang awam ini? Bukankah akan lebih banyak kesalahpahaman dalam melihat dalil?
Berapa kali kita jumpai orang memahami dalil sendiri malah makin berantakan
Maka khilaf ulama sebenarnya adalah dalil kalo ulama gak sepakat dalam satu hal disebabkan beberapa sebab, misalnya pemahaman dalam melihat nash yang berbeda, ushul uang berbeda, atau bahkan nash riwayat yang sampe berbeda
Contohnya hadits nabi yang menjelaskan tentang menyempurnakan sholat bagi yang masbuq
Riwayat imam malik dalam muwatho'nya menyebutkan
فما ادركتم فصلوا و ما فاتكم فأتموا
Apa yang kalian jumpai maka sholatlah, dan apa yang kalian tertinggal maka sempurnakanlah
Riwayat imam Ahmad berbunyi
و ما فاتكم فاقضوا
Apa yang tertinggal maka qodho'lah
Konsekuensinya dari kedua riwayat ini berbeda akan menghasilkan perbedaan pendapat, DAN SEMUANYA BERDASARKAN DALIL
Kalo riwayat muwatho' maka berkonsekuensi bahwa yang di jumpai makmum adalah awal sholat maka yang gak terjumpai jadi sholat penyempurnaan
Misalnya ia menjumpai rokaat keempat, maka ia berdiri setelah imam salam kemudian ia baca alfatihah surat pendek, tasyahud ke2, dan rokaat ke 3 dan empat spt biasa
Tapi riwayat imam Ahmad berkonsekuensi lain, yang mana kalo qodho' maka rokaat yang didapatkan adalah sholat yang sah dan sisanya di bayarkan
Misalnya ia menjumpai imam di rokaat keempat, maka ia berdiri setelah imam salam dan berdiri sebagai rokaat pertama (karena yang ia jumpai tadi itu rokaat keempatnya) ia sholat rokaat pertama baca alfatihah dan surat pendek, kemudian ia berdiri karena hakikatnya itu masih di rokaat ke 2, setelah itu ia baca alfatihah surat pendek, baru di rokaat ke 2 ini ia tasyahud awal (hitungannya ini rokaat ke3 dngn yang ia dapatkan) setelah itu ia berdiri lagi melanjutkan rokaat ke 3 dgn hitungan normal (keempat dalam hitungan yang ia dapatkan seluruh) baru ia tasyahud lagi di rokaat itu karena itu qodho'
(Faedah ini ana dapatkan dalam penjelasan hadits keempat dalam kitab sholat muwatho' dari syeikhina Sa'id Kamaly Al-Maliki hafidzohullah)
*Tolong dikoreksi terlebih pendapat hanabilah tentang hal ini, karena ana lupa dan juga bukan madzhab ana😅
Sengaja ana paparkan pelajaran lama dari syeikhina agar kita sedikit terbuka pikirannya...
Sehingga konsekuensi khilaf ini gak mudah dan ini juga menunjukkan bahwa khilafx ulama bukan perkara enteng dan bilang ini kuat ini lemah
Mereka khilaf atas dalil yang sama2 kuat, kalo yang satu lemah maka tentu khilafx gak akan dianggap
Anda mau tau sekuat apakah khilaf tersebut? Maka rujukan anda tentang hal itu harus dari kitab aslinya
Misalnya anda mau bilang pendapat imam Nawawi lemah, maka rujuk ke ucapan asli imam Nawawi liat kenapa beliau menguatkan pendapat itu, jangan rujukannya ke pendapat syeikhul islam ibn Taimiyah karena tentunya mereka memiliki ushul yang berbeda dan cara pandang yang beda pula
Masalahnya yang biasa ngomongw lemah ini jarang banget ngerujuk ke kitab aslinya, cuma bermodalkan kitab ringkasan ucapan imam yang dianggap lemah tadi
Masih ingatkah kita gimana komentar imam Malik tentang imam abu Hanifah? Betapa hebatnya penjelasan imam abu Hanifah dalam memaparkan ilmu? Itu pandangan imam Malik imam besarrr
Jadi kuat dan lemah ini sebenarnya tergantung siapa yang melihat, dan dsri sisi mana ia melihatnya
Sehingga disini kita ketahui khilaf ulama adalah dalil kalo dalil itu sebenarnya berbeda cara pandang masing2 ulama
Kalo anda masih ngotot khilaf ulama bukan dalil maka ana jawab
Memang khilaf ulama bukan dalil bagi ulama lainnya yang bisa berijtihad, karena setiap Mujtahid beramal dengan ijtihadnya masing2, adapun awam maka beramal dengan ijtihad dari Mujtahid tadi
Masalahnya yang bilang Khilaf ulama bukan dalil sekarang ini, bukan mujtahid, bukan ulama, belum hafal 400rb hadits, belum selesai Qur'an dengan berbagai qiroahnya, belum hafal fatwa2 ulama, Bahkan kriteria keilmuannya sekarang pun belum layak disebut sebagai penuntut ilmu di zamannya imam Ahmad.
koq anda berani-beraninya bilang gitu?
Jangan2 anda tipe orang yang gak tau dan gak tau kalo dirinya itu gak tau....
Aboud Basyarahil
18 Desember pukul 23.05 ·
#Aboud Basyarahil