Silabus Kajian Fiqih

Silabus Kajian Fiqih - Kajian Medina
Silabus Kajian Fiqih

Salah seorang pengurus majelis taklim pernah minta ke saya dibuatkan silabus kajian materi fiqih. Maunya mengacu kepada seluruh materi fiqih yang saya tulis dalam 18 jilid Seri Fiqih Kehidupan (SFK). Dan ingin pakai buku aslinya dipegang satu per satu oleh masing-masing jamaah. Kira-kira kayak talaqqi begitu lah.

Keren juga sih idenya. Cuma saya agak ragu dan malah balik bertanya,"Ini serius? Yakin seluruh dari 18 jilid itu mau dikaji satu per satu sampai tuntas dengan membaca bukunya langsung dalam majelis taklim?"

Dia menjawab bahwa setelah rapat panjang, akhirnya seluruh pengurus DKM sudah muttafaqun 'alaihi, bahwa kajian fiqih akan menggunakan seluruh jilid dalam Seri Fiqih Kehidupan 18 jilid. Dibaca satu per satu, tiap jamaah pegang bukunya.

Bukannya saya meragukan niat dan semangat mereka. Hanya saja secara matematis, kayaknya perlu dihitung-hitung dulu kalau dilakukan. Alasan utamanya karena 18 jilid itu tebal sekali, jumlah totalnya sampai 7.213 halaman. Dan secara total terdiri dari 532 bab.

Hitung-hitungannya begini :

1. Kita asumsikan satu bab bisa selesaikan dalam sekali pertemuan, kurang lebih 2-3 jam sudah termasuk tanya jawab.

2. Kalau pengajiannya seminggu sekali, maka dalam setahun baru selesai 52 bab saja. Hitungan saya, setahun ada 52 minggu. Dengan catatan, pengajian tidak pakai libur, biar pun hujan, badai, lebaran atau gempa bumi.

4. Untuk bisa mengkhatamkan 18 jilid yang secara total terdiri 532 bab, dibutuhkan waktu minimal 10 tahun lebih. KAlau 532 dibagi 52 hasilnya adalah 10 koma sekian.

5. Tapi sepanjang pengalaman saya, pengajian itu akan libur panjang saat lebaran, setidaknya sampai sebulanan bahkan lebih. Jadi hitungan normalnya sekitar 40-45 minggu dalam setahun. Maka kalau 532 bab dibagi 40 minggu, hasilnya menjadi sekitar 13 tahun lebih.

Seingat saja memang ada beberapa pengajian yang usianya sudah puluhan tahun. Tapi yang saya tahu, selama waktu itu pengurusnya sudah bergonta-ganti, apalagi jamaahnya, banyak yang datang dan pergi.

DAFTAR BAB SERI FIQIH KEHIDUPAN

1. Muqaddimah 39 bab
2. Thaharah 33 bab
3. Shalat 55 bab
4. Zakat 31 bab
5. Puasa 24 bab
6. Haji Umrah 33 bab
7. Muamalat 36 bab
8. Pernikahan 35 bab
9. Kuliner 29 bab
10. Pakaian Perhiasan Rumah 26 bab
11. Sembelihan 29 bab
12. Masjid 23 bab
13. Kedokteran 30 bab
14. Seni, Permainan dan Hiburan 17 bab
15. Mawaris 26 bab
16. Jinayat 23 bab
17. Jihad 23 bab
18. Negara 20 bab

TOTAL 532 bab

Lalu bagaimana caranya 18 jilid atau 532 bab itu bisa diselesaikan?

Mudah saja. Kajiannya jangan seminggu sekali, bikinlah kajian setiap hari. Tidak sampai dua tahun pun insyaallah selesai. Kalau setahun ada 365 hari, untuk menghabiskan 532 bab cuma butuh setahun setengah saja sih.

Serius, coba saja dihitung sendiri.

Silabus Kajian Fiqih - Kajian Medina


Ahmad Sarwat
1 November pukul 08.39 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.