Merendah dan Menyombongkan Diri

Merendah dan Menyombongkan Diri - Kajian Medina
Merendah dan Menyombongkan Diri

Ada kaidah lama yang bersumber dari hadis Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa siapa pun yang merendah, maka akan diangkat derajatnya oleh Allah dan sebaliknya siapa pun yang menyombongkan diri, maka akan direndahkan oleh Allah. Kaidah tersebut sangat akurat terjadi dalam keseharian kita.

Banyak orang yang mempunyai kelebihan, baik berupa nasab, harta, kecerdasan, fisik, relasi yang hebat dan lain sebagainya. Kelebihan mereka akan diperhitungkan selama orangnya merendah. Namun ketika orangnya menyombongkannya, maka itu semua seolah tak ada artinya dalam artian tidak akan dianggap sebagai nilai plus yang akan meninggikan derajatnya.

Dengan kesombongan, sebuah kelebihan hanya akan seperti liontin emas yang dikalungkan pada seekor kucing. Liontinnya berharga mahal, tapi harga kucingnya sendiri tetap saja sebegitu. 

Setahu saya ini berlaku umum bagi siapa pun, termasuk pada ulama, bahkan dzurriyah Nabi sekali pun. Apalagi pada orang biasa.

Abdul Wahab Ahmad

24 November 2020 pada 09.53  · 

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.