Imam Fakhruddin ar-Razi adalah Mujaddid Kurun Keenam

Imam Fakhruddin ar-Razi adalah Mujaddid Kurun Keenam - Kajian Medina
[Imam Fakhruddin ar-Razi adalah Mujaddid Kurun Keenam]

Imam Tajuddin as-Subki dalam Thabaqat Syafi'iyyah (III/26), berkata:

وكان شيخنا الذهبي يقول الذي اعتقده في حديث يبعث الله من يجدد ان من للجمع لا للمفرد ويقول مثلا على رأس الثلاثمائة ابن سريج في الفقه والاشعري في اصول الدين والنسائي في الحديث وعلى الستمائة مثلا الحافظ عبد الغني في الحديث والامام فخر الدين في الكلام

"Guru kami, ad-Dzahabi berkata: "Yang aku yakini dalam hadits Nabi: "Allah mengutus ulama' sebagai mujaddid bahwa man maushul-nya bermakna jama' bukan mufrad [banyak ulama' dalam setiap kurunnya]". Ad-Dzahabi berkata: "Misal pada awal tahun 300 hijriyah (mujaddidnya) adalah Imam Ibn Suraij dalam fikih, Imam al- Asy'ari dalam ushuluddin dan Imam an- Nasai dalam hadits. Dan pada tahun 600 hijriyah adalah al-Hafizh Abdul Ghoni dalam hadits dan Imam Fakhruddin ar-Razi dalam ilmu kalam".

Lihat, al-Asy'ari dan Fakhruddin ar-Razi dianggap ad-Dzahabi sebagai mujaddid dalam ilmu usuluddin dan ilmu kalam. Lha kamu mujaddid dibidang apa? Hehehe....

Sayangnya, zaman now masih saja ada sok lebih alim daripada beliau, merendahkan beliau, bahkan ada juga yang mengkafirkan beliau.

Hidayat Nur
13 Maret 2020 pukul 09.09 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.