Neo Mujassimah

Neo Mujassimah - Kajian Medina
🍁 Neo Mujassimah.

Awalnya saya penasaran bagaimana sebenarnya yang dipahami oleh da'i-da'i Salafi 'Wahabi' mengenai apa itu Mujassimah menurut versi mereka. Dalam bukunya kakek Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang berjudul Mulia dengan Manhaj Salaf, dalam daftar isinya tercantum banyak aliran menyimpang (sekte sesat) dalam Islam, tidak tanggung-tanggung Kakek ini memvonis bahwa akidah Ahlussunah wal Jama'ah Al Asy'ariyyah dan Al Maturidiyyah (akidah mayoritas Ulama' Islam) dari generasi ke generasi sebagai aliran menyimpang (sekte sesat) dan tidak lupa kakek ini memasukkan aliran menyimpang lainnya adalah Musyabihah (Kelompok yang berkeyakinan bahwa Allah memiliki sifat yang sama dengan sifat makhluk), namun anehnya tidak ada tercantum aliran menyimpang (sekte sesat) yang bernama Mujassimah. Padahal dalam kitab-kitab fiqh klasik banyak penjelasan Ulama' tentang aliran menyimpang (sekte sesat) Mujassimah yang berakidah Tajsim (keyakinan bahwa Allah memiliki jism/bentuk/fisik/materi, salah satu pemikiran Tajsim ini meyakini bahwa Allah memiliki tangan, wajah, kaki, mata, paha, jari jemari dan anggota tubuh lainnya, tapi tak sama dengan makhluk).

Tidak cukup sampai disitu, rasa penasaran saya berlanjut, lalu saya 'searching' di YouTube dan mendapati video penjelasan dari Firanda Andirja yang menjelaskan (sambil tersipu-sipu malu) bahwa Mujassimah itu sudah lama punah, dulu pernah ada kelompok Rafidhah yg berkeyakinan bahwa Allah itu mirip seperti ini, persis seperti ini, persis seperti itu dan ......
Bisa dilihat dalam link YouTube berikut:

https://youtu.be/EMuZj4WRZ9c

(Intinya Firanda Andirja meyakini bahwa Mujassimah itu kelompok sesat, tapi sayangnya tidak dicantumkan dalam bukunya kakek Yazid bin Abdul Qadir Jawas).

Satu kejanggalan dari pernyataan Firanda Andirja ini, emangnya ada orang yg meyakini bahwa Allah ini persis seperti ini, persis seperti itu ??
Mustahil rasanya, yang ada (Faktanya) perkataan Mujassimah itu persis seperti apa yg disampaikan oleh orang-orang dalam video yang saya unggah dibawah ini !!

Berikut penjelasan Ulama' tentang Mujassimah.

Al Imam Al-Mulla ‘Ali Al-Qari -rahimahullah- ( Ulama' Mazhab Hanafi ) :

( من اعتقد أن الله لا يعلم الأشياء قبل وقوعها فهو كافر وإن عُدّ قائله من أهل البدعة، وكذا من قال: بأنه سبحانه جسم وله مكان ويمرّ عليه زمان ونحو ذلك كافر، حيث لم تثبت له حقيقة الإيمان )

(“Siapa yang meyakini bahwa Allah tidak mengetahui semua sesuatu yang belum terjadi, maka ia Kafir, sekalipun yang berpendapat (berfatwa) ini di anggap sebagai ahlu Bid’ah, dan seperti demikian juga orang yang berkata bahwa Allah (subhanahu wa ta’ala) itu Benda (Jism) dan bagi-Nya ada tempat, dan berlaku masa bagi-Nya, dan seumpama demikian, maka ia menjadi Kafir, sekiranya tidak disebut baginya hakikat Iman”).

[ Syarah Al-Fiqh Al-Akbar, hal. 271 ]

Al Imam Ibn Al-Arabi -rahimahullah- ( Ulama' Mazhab Maliki ) :

( وقع نزاع في تكفير المجسم قال ابن عرفة : الأقرب كفره , واختيار العز عدم كفره لعسر فهم العوام برهان نفي الجسمية )

("Telah berlaku perselisihan tentang masalah mengkafirkan orang Mujassimah (yang menjisimkan Allah). Ibn 'Urfah berkata: "Lebih dekat (pendapat yang dipegang oleh beliau) ialah, kufur lah dia (mujassimah)". Imam Al-Izz memilih pendapat bahwasa nya tidak dikafirkan orang mujassimah karena orang awam susah memahami bukti-bukti yang menafikan kejisiman").

[ Al-Fawakih Ad-Diwani, juz 1, hal. 94 ]

Syaikhul Islam Zakaria Al-Anshori [ Ulama' Mazhab Syafi'i ] :

( قوله لا نكفره ) أي ببدعته خرج من نكفره ببدعته كالمجسمة ومنكري البعث وحشر الأجساد , وعلم الله تعالى بالمعدوم أو بالجزئيات لإنكارهم ما علم مجيء الرسل به ضرورة فلا يجوز الاقتداء به لكفره , والمعتمد في المجسم عدم التكفير ا هـ . ز ي أي ما لم يجسم صريحا , وإلا فيكفر ا هـ . شيخنا .

“(Qauluhu La Nukaffiruhu) artinya dengan Bid’ah nya, tidak termasuk orang yang kita hukumi kafir dengan Bid’ah nya, seperti Mujassimah, dan pengingkar hari bangkit dan kebangkitan jasad, dan orang ingkar pengetahuan Allah dengan yang tidak ada, atau mengingkari ilmu Allah dengan semua juziyat, karena mereka mengingkari sesuatu yang diketahui dengan mudah dari risalah yang dibawakan oleh Rasulullah, maka tidak boleh ikut ber imam dengan orang tersebut, karena kufur nya, dan pendapat mu’tamad tentang Mujassimah ialah tidak menghukumi Kafir. Syaikh Sulaiman Al-Jamal berkomentar: maksud nya selama tidak menjisimkan dengan shorih, jika tidak (artinya Tajsim shorih) maka ia Kafir”.

[ Hasyiah Jamal, Jilid 1, hal. 531 ]

Al Imam Ibnu Hajar Al-Haitami -rahimahullah- [ Ulama' Mazhab Syafi'i ] :

( واعلم أن القَرَافي وغيره حكوا عن الشافعي ومالك وأحمد وأبي حنيفة رضي الله عنهم القول بكفر القائلين بالجهة والتجسيم، وهم حقيقون بذلك ) اه“

Ketahui oleh mu bahwa Qarafi dan lain nya telah menghikayah dari Imam Syafi’I dan Imam Malik dan Imam Ahmad dan Imam Abu Hanifah –Radhiyallahu ‘anhum- akan satu pendapat tentang kafir orang yang berkata dengan Jihat (arah bagi Allah) dan orang yang berkata dengan Tajsim (bentuk dzat Allah), dan mereka (para Imam) mentahqiq dengan demikian”.

[ Al-Minhaj Al-Qawim, hal. 224 ]

Al Imam Abi Ya'la -rahimahullah- ( Ulama' Mazhab Hanbali ) :

( قال الوالد السعيد: فمن اعتقد أن الله سبحانه جسم من الأجسام وأعطاه حقيقة الجسم من التأليف والانتقال: فهو كافر لأنه غير عارف بالله عز وجل لأن الله سبحانه يستحيل وصفه بهذه الصفات وإذا لم يعرف الله سبحانه: وجب أن يكون كافراً . )

(Berkata al Walid as Sa'id; barangsiapa mengitiqadkan bahwa Allah SWT itu jisim dari sebagian jisim dan memberi kan hakikat kejisiman dari sifat tersusun dan berpindah (dzat-Nya) maka ia Kafir karena ia tidak mengenal Allah karena Allah SWT mustahil di sifati dengan sifat-sifat tersebut dan jika tidak tahu Allah, maka mesti ia adalah Kafir").

[ Thobaqot Hanabilah, hal. 499 ]

Bahkan Ibnu Taimiyah (Syaikhul Islam nya kelompok Salafi 'Wahabi') berkata:

بَلْ أَكْثَرُ أَهْلِ السُّنَّةِ مِنْ أَصْحَابِنَا وَغَيْرِهِمْ يُكَفِّرُونَ الْمُشَبِّهَةَ وَالْمُجَسِّمَةَ
مجموع الفتاوى (6/ 356)

"Bahkan mayoritas Ahlussunnah, dari kawan-kawan kami dan selain mereka, mengkafirkan musyabihah dan mujassimah"
[ Majmu' Al Fatwa, juz 6, hal 356 ].

*Video orang-orang berakidah Neo Mujassimah, yang biasanya juga anti Maulid Nabi Muhammad -shallallahu 'alaihi wasallam-.

Neo Mujassimah - Kajian Medina

Feri Hendriawan
28 Januari pukul 23.36 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.