Qunut Subuh

Qunut Subuh - Kajian Medina
QUNUT SUBUH

Kalau yang diajarkan begini (Lihat ss dibawah), ya hasilnya lihat sendirilah di lapangan. Baik di dunia maya maupun dunia nyata. Kadang saya kasian sama oknum-oknum yang selalu difokuskan. Mengapa tidak difokuskan kepada pengajar atau metode pengajarannya. Barangkali ada yang perlu diperbaiki. Semoga Allāh Ta'ālā memperbaiki keadaan kita semua.

Permasalahan qunut subuh atau ratusan masalah lainnya itu merupakan permasalahan khilafiyah ijtihadiyyah yang mu'tabar. Minimal engkau harus mengakui bahwa itu ada perbedaan sejak dulu. Urusan engkau mau qunut atau tidak itu terserah. Tapi ketika engkau menafikan bahwa di sana ada khilafiyah, maka di sini masalahnya. Mari terus kaji. Karena barangkali apa yang engkau pegang itu lemah dan yang lainnya kuat.

Mengutip pendapat Imam Sufyan ats-Tsauri, sebagaimana dikutip oleh Imam at-Tirmidzi dalam Sunan at-Tirmidzi terkait qunut:

إِنْ قَنَتَ فِي الفَجْرِ فَحَسَنٌ، وَإِنْ لَمْ يَقْنُتْ فَحَسَنٌ.

“Jika seseorang ingin melakukan qunut di waktu Subuh, maka itu ‘hasan’ (baik, dan termasuk sunnah). Dan jika tidak berqunut, itu juga ‘hasan’.”

Semoga tidak ada lagi yang berkata, kamu tidak mau ikut dalil, ikut nabi, ikut kebenaran, ikut salaf, dan semisalnya. Dia kira mungkin semua dalil, semua kebenaran, semua ajaran salaf dimonopoli olehnya sendiri.

Ini permasalahan klasik yang sudah tuntas dibahas para ulama sejak dulu. Jika Anda ingin yakin jika qunut subuh itu ada dalilnya, dijalankan oleh para salafush shalih, kajilah Mazhab Syafi'i berkaitan dengan hal itu. Jika pun Anda mengikuti Mazhab Hambali yang tidak qunut, maka lihatlah praktek para imam Mazhab Hambali ketika berada di belakang imam yang qunut subuh. Mereka tetap menganjurkan untuk mengangkat tangan dan ikut mengaminkan. Allāhu a'lam.

Nb: Cobalah baca satu kitab ini saja dari sekian banyak kitab yang membahas soal qunut subuh, barangkali bisa menambah referensi dan wawasan kita semua. In syā Allāh.

Judul kitab (gambar di bawah):

قنوت السلف في صلاة الصبح وبيان خطأ من قال إنه بدعة.

Artinya: Qunutnya salaf di shalat subuh dan penjelasan tentang kesalahan orang yang mengatakan bahwa qunut subuh itu bid'ah.

Link di sini:
Qunut Subuh - Kajian Medina

http://elmalikia.blogspot.com/2014/01/blog-post_5.html?m=1

Qunut Subuh - Kajian Medina


Robi Maulana Saifullah
17 jam ·

baca juga Mulai Qunut Shubuh Lagi Setelah Kuliah di LIPIA

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.