Mengumumkan Berita Kematian di Masjid

Mengumumkan Berita Kematian di Masjid - Kajian Medina
MENGUMUMKAN BERITA KEMATIAN DI MASJID

Di masyarakat kita, bisanya jika ada kematian seorang muslim, maka salah satu cara untuk menyebarkan berita kematiannya dengan mengumumkannya di masjid dengan menggunakan pengeras suara. Hal ini dirasa lebih pratis, lebih cepat, serta menjangkau banyak orang yang berada di sekitarnya. Namun, apakah sebenarnya hukum masalah ini ? Fadhilatusy Syaikh Shalih bin Fauzan –hafidzahullah- pernah di tanya tentang hukum masalah ini. Berikut teks pertanyaan dan jawabannya :

SOAL :

السؤال : ما حكم إعلان وفاة العلماء و غيرهم عبر الإنترنت و عبر وسائل الإعلام هل هذا نعي أم لا ؟

“Apa hukum mengumumkan kematian ulama’ ataupun selain mereka via internet dan berbagai mass media termasuk an-na’yu (ratapan yang dilarang) ataukah tidak ?"

JAWAB :

الجواب : الإخبار عن وفاة المسلم لأجل أن يدعى له و يصلى عليه لا بأس به, و ليس هو من باب النعي المحرم لأن النبي –صلى الله عليه و سلم – لما مات النجاشي –رضي الله عنه – أخبر أصحابه بأنه مات, و خرج هو و أصحابه و صلى عليه صلاة الغائب فإخبار عن موت ميت سواء في الصحف أو في المساجد أو في الإنترنت. الإخبار عنه بغرض الدعاء له أو الصلاة عليه لا بأس به. أو بغرض إن كان له حق أو دين يأتي و يستوفي حقه لا بأس بذلك, أما الإخبار عنه من باب الجزع هذا لا يجوز لأنه نياحة

“Mengkabarkan tentang kematian seorang muslim agar dido’akan dan dishalatkan, maka tidak mengapa (boleh). Bukan termasuk dari masalah ratapan yang diharamkan. Karena nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- tatkala raja Najasyi meninggal, beliau mengabarkan kepada para sahabatnya sesungguhnya dia telah meninggal. Lalu beliau dan para sahabatnya keluar dan menyalatkannya dengan shalat ghaib. Maka mengabarkan tentang kematian seorang mayit, baik di koran-koran, atau DI MASJID, atau di internet, mengabarkan tentangnya dengan tujuan untuk dido’akan dan dishalatkan, maka tidak mengapa (boleh). Atau untuk tujuan , jika dia memiliki hak atau hutang (agar) seorang datang dan melunasi hutangnya, maka ini tidak mengapa. Adapun pengabaran tentang (kematian)nya sebagai bentuk keluh kesah/tidak sabar, maka ini tidak boleh, karena termasuk an-niyahah (ratapan yang dilarang).” [Al-Ijabat Al-Muhimmah : 2/197].

Demikian. Semoga bermanfaat. Barakallahu fiikum.

Karanganyar, 2 Rabi’ul Akhir 1440 H/10 Desember 2018

Alih bahasa : Abdullah Al Jirani

Abdullah Al Jirani
17 jam ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.