Mengapa Orang Berdoa Mengangkat Tangan Ke Atas

Mengapa Orang Berdoa Mengangkat Tangan Ke Atas - Kajian Medina
MENGAPA ORANG BERDOA MENGANGKAT TANGAN KE ATAS

Orang mengangkat kedua tangannya ke langit bukan menandakan dia percaya bahwa Allah di langit. Namun karena langit itu kiblat doa, serta sebagai isyarat tentang keagungan dan kemahabesaran Allah.

Imam al-Ghazali menjelaskan:

فَأَمَّا رَفْعُ الأَيْدِي عِنْدَ السُّؤَالِ إِلَى جِهَّةِ السَّمَاءِ فَهُوَ لِأَنَّهَا قِبْلَةُ الدُّعَاءِ وَفِيْهِ أَيْضاً إِشَارَةٌ إِلَى مَا هُوَ وَصْفٌ لِلْمَدْعُو مِنَ الجَلاَلِ وَالكِبْرِيَاءِ تَنْبِيْهاً بِقَصْدِ جِهَّةِ العُلُوِّ عَلَى صِفَةِ المَجْدِ وَالعَلاَءِ فَإِنَّهُ تَعَالَى فَوْقَ كُلِّ مَوْجُوْدٍ بِالقَهْرِ وَالاِسْتِيْلاَءِ. إحياء علوم الدين (1/ 107)

“Adapun mengangkat tangan ke arah langit saat berdoa, maka karena langit adalah kiblat doa. Selain itu, posisi tangan saat berdoa itu merupakan isyarat tentang kedudukan tinggi dan kemuliaan Dzat yang diminta dalam doa, mengingatkan tentang kedudukan tinggi Dzat yang Mulia dan Maha Tinggi. Allah Ta’ala berada di atas segala sesuatu yang ada pada sisi kewenangan dan kekuasaan-Nya.” (Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, Jilid 1, hal. 107)

Maka sesuai pemahaman akidah Ahlussunnah Wal-Jama’ah yang benar, Allah itu Suci. Allah tidak membutuhkan tempat, sebagaimana Dia tidak berbentuk jasmani, memiliki arah, dan sifat-sifat lain yang memiliki keserupaan dengan makhluk.

Faris Khoirul Anam
13 Desember pukul 13.33 ·

Mengapa Orang Berdoa Mengangkat Tangan Ke Atas - Kajian Medina



Banyak sekali ulama yang mengatakan bahwa langit adalah kiblatnya doa sebagaimana ka'bah adalah kiblatnya shalat. Tapi sebagian kelompok (seperti pembuat meme ini) menolak keterangan para ulama itu mentah-mentah tanpa alasan ilmiah, alasannya karena dalam fantasinya langit adalah tempat keberadaan Dzat Allah bukan sekedar kiblat.

Fantasi semacam ini adalah tajsim dan tasybih sebab menetapkan batasan fisik dan ukuran pada Dzat Allah. Meski orangnya tak mau mengakuinya sebagai tajsim atau tasybih, tetap saja saja demikian faktanya. Mereka seperti orang yang mengakui bahwa besi adalah benda keras yang dapat mengalirkan listrik, tapi tak mau menyebutnya sebagai logam.

Abdul Wahab Ahmad membagikan kiriman.
Kemarin pukul 07.53 ·
Mengapa Orang Berdoa Mengangkat Tangan Ke Atas - Kajian Medina

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.