Jika Engkau Mengaku Berhijrah

Jika Engkau Mengaku Berhijrah
Jika engkau mengaku berhijrah
Oleh : Hilmi Firdausi
.
Jika engkau mengaku telah berhijrah dan mengikuti sunnah tapi masih menghakimi orang lain, berarti engkau hijrah ketempat yang salah.
.
Jika engkau mengaku telah berhijrah dan mengikuti sunnah tapi masih menganggap orang lain (yg blm seperti dirimu) jahil, 'ammah, berarti engkau hijrah ketempat yang salah.
.
Jika engkau mengaku telah berhijrah dan mengikuti sunnah, tapi masih mengkafirkan, membid'ahkan (tanpa dalil dan ilmu yang luas), berarti engkau hijrah ketempat yang salah.
.
Jika engkau mengaku telah berhijrah dan mengikuti sunnah, tapi menganggap cara ibadahku yg paling benar, yg akan diterima Allah...yg lain tidak! berarti engkau hijrah ketempat yang salah.
.
Jika engkau mengaku telah berhijrah dan mengikuti sunnah, lalu menjadi eksklusif, tidak mau bergaul dgn orang lain (diluar kelompokmu), berarti engkau hijrah ketempat yang salah.
.
Jika engkau mengaku telah berhijrah dan mengikuti sunnah, lalu menganggap kelompok kami adalah yg paling benar, yg paling sesuai dengan ajaran Rasul, yg lain salah dan akan masuk neraka, berarti engkau hijrah ketempat yang salah.
.
Jika engkau mengaku telah berhijrah dan mengikuti sunnah, namun hanya mengambil dalil dari ulama (kelompokmu saja), tidak mau belajar keilmuan islam dari sumber2 yg lain, berarti engkau hijrah ketempat yang salah.
.
Jika engkau mengaku telah berhijrah dan mengikuti sunnah, lalu terselip kesombongan, ujub terhadap apa yg telah kau lakukan lalu menganggap sebelah mata orang diluar kelompokmu, berarti engkau hijrah ketempat yang salah.
.
Mari kita berhijrah ke tempat yang benar, sesuai tuntunan Allah dan Rasulnya, ijtihad para ulama salafusshalih, tanpa menyakiti dan melukai saudara seiman. Karena diterima tidaknya amal ibadah seseorang, adalah hak prerogatif Allah Tuhan semesta alam.
.
Barokallah fiikum
.
(Tulisan saya beberapa tahun yg lalu)
.
#kajianhilmiyah #kanghilmi #JKH #UHF #KataUHF #MajlisUHF
.
FB : Hilmi Firdausi
FP : Kajian Hilmiyah
IG-Twitter : @hilmi28

Hilmi Firdausi bersama Dinda Damayanti.
20 Juli pukul 07.48 ·

Related Posts

Ayo Belajar Islam

"Ayo belajar ilmu fiqih, agar tidak mudah menyalahkan orang dan tidak gampang bilang bid'ah kepada sesama muslim." "Ayo belajar fiqih ihktilaf, agar tidak merasa paling benar sendiri." "Ayo belajar perbandingan mazhab, agar tidak merasa selain kami sesat." (Kajian Medina)

Kajian Medina

Blog Kajian Medina : Cerdaskan Umat Lewat Kajian Khilafiyah, Ikhtilaf dan Ukhuwah oleh Ustadz dan Tokoh Sebagai Pencerahan Menuju Persatuan Islam Ahlus Sunnah Waljamaah.