๐๐๐ก๐๐๐ข๐ง๐๐ก ๐ช๐๐๐๐๐๐๐ฌ ? ๐๐๐ก๐๐๐ข๐ง๐๐ก ๐ง๐๐ฅ๐ข๐ฅ๐๐ฆ๐ง ?
Beberapa hari yang lalu ada terjadi cerita lucu,ini kisah nyata.
Ada kawan yang belajar di darul mustofa (markaz sufi terbesar di yaman) di asuh oleh Al-'allamah Habib umar bin hafidz,suatu hari sikawan ini pergi belanja ke baqolah (kedai) didekat rubat tarim,si kawan ini kebetulan sangat menjaga janggutnya,pemilik baqolah langsung nyekak :
Heiiii Anta wahhabiy shoh ?
Si kawan bilang : Keif ta'rif annaniy wahhabiy ?(Apa yang membuatmu menyimpulkan bahwa aku wahhabiy ?)
Pemilik baqolah : Hadza lihyatuka (itu janggutmu)
Dijawab ama si kawan : Laaa,ana sufiy,ana tholib habib umar (Tidakkk,saya ini sufi murid habib umar) hehehe.
---------------
๐๐ป๐ถ ๐๐ฎ๐น๐ฎ๐ต ๐ธ๐ฎ๐ฝ๐ฟ๐ฎ๐ต,sejak kapan jenggot sebagai ciri khas kelompok tertentu? kalaulah saya yang ditanya begitu maka saya jawab :
Berlandaskan hadits yang shoheh jenggot itu sunnah,ulama sepakat bahwa menjaganya/memeliharanya jauh lebih baik ketimbang mencukurnya,memelihara jenggot adalah sunnah yang dianjurkan bukan sebagai ciri khas suatu kelompok tertentu.
Kalau memelihara jenggot adalah ciri khas wahhabiy maka ๐๐ฎ๐ฏ๐ถ๐ฏ ๐จ๐บ๐ฎ๐ฟ ๐ฏ๐ถ๐ป ๐ต๐ฎ๐ณ๐ถ๐ฑ๐ ๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐ต ๐ช๐ฎ๐ต๐ต๐ฎ๐ฏ๐ถ๐.
Hukum mencukur jenggot ada perbedaan pendapat dalam madzhab kami :
๐๐๐ง๐๐ข : Ini pendapat yang di ambil imam ibnur rif'ah dan Al-Adzru'iy,Al-Qoffal,Al-Hulaimiy :
๐๐๐ ๐ง๐ช๐ : Ini adalah pendapat syaikhon (Nawawiy dan Rofi'iy),Imam Al-Ghozaliy,Syaikhul Islam Zakaria Al-Anshoriy,Imam Ar-romliy Dan Al-khothฤซb.
ูุงู ุงูุดูุฎุงู : ูููุฑู ุญูู ุงููุญูุฉ : ุฃู ููุฑุฌู،ูุงุนุชุฑุถูู ุง ุงุจู ุงูุฑูุนุฉ ุจุฃู ุงูุดุงูุนู ุฑุถู ุงููู ุนูู ูุต ูู ุงูุฃู ุนูู ุงูุชุญุฑูู ،ูุงู ุงูุฒุฑูุดู : ููุฐุง ุงูุญููู ู ูุงูููุงู ุงูุดุงุดู،ููุงู ุงูุฃุฐุฑุนู: ูุญุฑู ุญูููุง ุฌู ูุฉ ูุบูุฑ ุนูุฉ ุจูุง ูู ุง ููุนูู ุงููููุฏุฑูุฉ )
ูุงู ุดูุฎูุง :(ุงูู ุนุชู ุฏ ุนูุฏ ุงูุบุฒุงูู ูุดูุฎ ุงูุฅุณูุงู ูุงูุดุงุฑุญ ูู ุงูุชุญูุฉ ูุงูุฑู ูู ูุงูุฎุทูุจ ูุบูุฑูู : ุงููุฑุงูุฉ
Berkata Syaikhon (Rofiiy dan Nawawiy): ๐๐ถ๐บ๐ฎ๐ธ๐ฟ๐๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐บ๐ฒ๐ป๐ฐ๐๐ธ๐๐ฟ ๐ท๐ฒ๐ป๐ด๐ด๐ผ๐ : Bagi lelaki.
Maka imam ibnu rif'ah memprotes/menolak ucapan rofiiy dan nawawiy dengan menyebutkan bahwa imam Asy-syafiiy menyebutkan dalam "Al-umm" hukumnya ๐๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐บ.
Berkata Az-zarkasyiy : Yang demikian juga (Hukum haram) adalah pendapat Al-hulaimiy,Al-Qoffal Asy-Syaasy.
Berkata Al-Adzru'iy : ๐๐ถ๐ต๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐บ๐ธ๐ฎ๐ป ๐บ๐ฒ๐ป๐ฐ๐๐ธ๐๐ฟ๐ป๐๐ฎ ๐๐ฒ๐ฐ๐ฎ๐ฟ๐ฎ ๐บ๐ฒ๐ป๐๐ฒ๐น๐๐ฟ๐๐ต ๐๐ฎ๐ปp๐ฎ ๐ฎ๐ฑ๐ฎ ๐ฎ๐น๐ฎ๐๐ฎ๐ป ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ท๐ฒ๐น๐ฎ๐/๐๐ฎ๐ธ๐ถ๐,๐๐ฒ๐ฏ๐ฎ๐ด๐ฎ๐ถ๐บ๐ฎ๐ป๐ฎ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ฑ๐ถ๐น๐ฎ๐ธ๐๐ธ๐ฎ๐ป ๐ผ๐น๐ฒ๐ต ๐ธ๐ฒ๐น๐ผ๐บ๐ฝ๐ผ๐ธ ๐ฎ๐น-๐พ๐ผ๐น๐ฎ๐ป๐ฑ๐ฎ๐ฟ๐ถ๐๐ฎ๐ต.
Syaikh kami berkata : ๐๐ฑ๐ฎ๐ฝ๐๐ป ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐'๐๐ฎ๐บ๐ฎ๐ฑ ๐บ๐ฒ๐ป๐๐ฟ๐๐ ๐๐น-๐ด๐ต๐ผ๐๐ฎ๐น๐ถ๐ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐๐ฎ๐ถ๐ธ๐ต๐๐น ๐ถ๐๐น๐ฎ๐บ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐๐ฎ๐ฟ๐ถ๐ต ๐๐๐ต๐ณ๐ฎ๐ต, ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ ๐๐ฟ๐ฟ๐ผ๐บ๐น๐ถ๐ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ ๐ฎ๐น-๐ธ๐ต๐ผ๐๐ถ̄๐ฏ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐น๐ฎ๐ถ๐ป๐ป๐๐ฎ ๐ฏ๐ฎ๐ต๐๐ฎ ๐ต๐๐ธ๐๐บ๐ป๐๐ฎ ๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐ต ๐บ๐ฎ๐ธ๐ฟ๐๐ต. (Hasyiyatut Tarmasiy,Jilid 6,hal : 683,Cet,Darul Minhaj)
๐๐ฒ๐๐ถ๐บ๐ฝ๐๐น๐ฎ๐ป๐ป๐๐ฎ : Minimal hukum mencukur jenggot adalah makruh = alias tidak disukai,saya rasa sangat tidak bijak jika sinis sama yang berjanggut apalagi memvonis mereka dengan sebutan TERORIS.
Ada sebahagian masyarakat kita yang otaknya dirusak,menganggap jelek sunnah nabi, jangan sampai otak kita juga dirusak,hati-hati.
Faruq Sinambela
15 Juli 2020·